Ulang Tahun ke-50, PHRI Beri Penghargaan untuk Hotel dan Restoran

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI termasuk komponen penting dalam mata rantai pariwisata Indonesia. Mereka baru saja melangsungkan Rakernas IV 2019 sekaligus memperingati HUT ke-50 Tahun Perhimpunan yang sudah didirikan sejak 9 Februari 1969.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat paparannya dalam Rakernas yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (11/2/2019), menyebutkan besarnya kontribusi para pelaku industri hotel dan restoran terhadap dunia pariwisata Indonesia.

Ia juga mencatat bahwa bidang akomodasi dan kuliner menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi sektor pariwisata Indonesia dimana jumlahnya mencapai 60 persen, terdiri dari 40 persen untuk hotel dan 20 persen untuk kuliner atau restoran.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Menpar Arief juga mengapresiasi Ketua Umum PHRI yang menjadi Ketua Umum Program Visit Wonderful Indonesia Haryadi B. Sukamdani, yang selalu berpartisipasi aktif menyukseskan pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari tahun ke tahun.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan sepanjang 2018 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia sekitar 15,8 juta orang dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 265 juta mobilisasi. Maka target 20 juta wisman pada 2019 harus disukseskan dengan strategi yang tepat.

“Tahun ini kami mendukung pemerintah dengan membuat program-program untuk meningkatkan okupansi di bidang hotel atau restauran. Kami juga membuat strategi untuk produk ‘hot deals’ yang belum maksimal. Di samping kerja sama ‘Business to Business’ dengan maskapai dan travel online besar, kami meyakini itu menjadi strategi yang ampuh untuk menggapai target 20 juta wisman,” tuturnya.

Untuk lebih memicu kinerja para anggotanya, PHRI menggelar Malam Anugerah yaitu sebuah ajang penghargaan bagi para anggota hotel dan restoran yang mampu memberikan kontribusi langsung pada sektor pariwisata.

Ada 11 kategori penghargaan yang terdiri dari delapan penghargaan untuk Hotel yaitu The Best Resort Hotel, The Best City Hotel, The Best Affordable Hotel, The Best 1 Star Hotel, The Best 2 Star Hotel, The Best 3 Star Hotel, The Best 4 Star Hotel serta The Best 5 Star Hotel.

Untuk restoran terdapat tiga penghargaan yakni The Best Nusantara Restaurant, The Best Oriental Restaurant, The Best Continental Restaurant. Tak hanya 11 penghargaan tersebut, PHRI juga memberikan tiga penghargaan spesial untuk Wellness Resort, Moslem Friendly Hotel, dan Bahari Restaurant.

Saksikan video pilihan di bawah ini: