Ulang Tahun ke-17, Starbucks Indonesia Rilis Merchandise Eksklusif

Liputan6.com, Jakarta – 17 Mei 2002 jadi waktu Starbucks hadir di Indonesia dengan membuka gerai pertama di Plaza Indonesia, Jakarta. Kini, 17 tahun setelahnya, Starbucks telah mengekspansi diri dan hadir di 25 kota dengan 402 gerai di Indonesia.

Mengusung tema “We are Community”, Starbucks berkolaborasi dengan The Special ID meluncurkan merchandise eksklusif spesial seri anniversary. The Special ID sendiri merupakan social entreprise yang didirikan para pengajar Art Theraphy Center Widyatama demi menghubungkan kreator difabel dengan para peminat karya mereka.

Koleksi eksklusif tersebut terdiri dari tumbler dan tote bag yang menampilkan tiga desain unik karya anak-anak berkebutuhan khusus. “Berkontribusi terhadap masyarakat sekitar merupakan budaya dan nilai-nilai utama yang dijunjung Starbucks,” kata Liryawati selaku Chief Marketing Officer Starbucks Indonesia lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Desain dari masing-masing merchandise mengekspresikan kegemaran dari setiap penciptanya. Desain Bhinneka Tunggal Ika oleh Hendra Gunawan yang selalu melihat keindahan dalam setiap perbedaan. Tidak hanya sekadar wajah, gambar-gambar tersebut mewakili keanekaragaman di Indonesia.

Lalu, Let’s Travel oleh Fatur Ridho. Lewat google maps, lelaki yang akrab disapa Edo ini gemar berjalan-jalan virtual mengunjungi gedung-gedung di Eropa pada waktu senggang.

Melalui hobi menggambar dan kemampuan dalam mengolah digital, Edo senang memvisualisasikan objek yang biasa dilihat dalam kehidupan sehari-hari dan landmark di berbagai negara yang ia ingin kunjungi.

Terakhir, Milo the Cat oleh Claudia Panca. Claudia adalah seorang mahasiswi semester enam jurusan desain grafis. Claudia yang suka sekali dengan kucing, bercerita mengenai Milo the Cat, kucing kesayangannya yang suka tersenyum ketika sedang tidur. Desain dengan latar belakang kuning cerah ini melambangkan keceriaan pada tumbler dan tote bag.

“Kami sangat senang mendapatkan kesempatan jadi bagian dari hari jadi Starbucks yang ke-17 di Indonesia. Starbucks merupakan mitra retail pertama kami dan kami merasa begitu bangga,” kata Firli Heriana, founder The Special ID dan pengajar di Art Theraphy Center Widyatama.

“Starbucks telah memberi contoh pada kita semua, kepedulian dengan memberi peluang kerja di masa depan bagi anak-anak dan mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) no. 8,yakni mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan bekerlanjutan,” sambung Firli.

Sebagai bentuk kontribusi Starbucks, sebagian dari hasil penjualan merchandise eksklusif ini akan diberikan pada The Special ID.