Ucapan Selamat Jalan Menpar Arief untuk Dynand Fariz

Hingga pada 5 Agustus 2007, yakni pada JFC 6, Dynand mencanangkan Jember sebagai The World Fashion Carnival City. Penonton yang datang semakin banyak, acara pun semakin riuh.

Dengan pencanangan itu, JFC tidak saja diharapkan menjadi milik Jember, tetapi juga milik Indonesia, bahkan dunia. Tema yang dipilih juga tak lagi isu regional, tetapi sudah mengglobal, yakni Save Our World.

Sejarah baru juga tercipta pada JFC 10. Saat itu, jalanan kota sepanjang 3,6 kilometer disulap menjadi catwalk panjang bagi sekitar 600 peserta. Ribuan fotografer dan penonton berdatangan merekam acara yang menampilkan sembilan defile tersebut.

Imbasnya, ekonomi Jember ikut terangkat. Masyarakat setempat memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka penginapan atau jasa rumah makan. Di sisi lain, akses dari dan ke Jember semakin terbuka.

Namun, JFC tahun ini tak akan sama lagi. Dynand Fariz, otak acara itu, tak akan bisa melihat hasil karyanya ditampilkan di catwalk sepanjang 3,6 kilometer itu walau ia yang meluncurkannya secara resmi.