Tips Cari Tempat Makan Halal di Hong Kong

Liputan6.com, Jakarta Kamu tak perlu cemas ketika berlibur ke negara-negara non muslim. Pasalnya kamu tetap bisa melakukan hal seru di negara tujuan, seperti Hong Kong sambil menikmati halal food.

Ya, percayalah bahwa kamu bakal dibuat nyaman dengan kehadiran sejumlah tempat makanan halal di Hong Kong. Itu karena Hong Kong sudah mengembangkan wisata ramah muslim. Jadi kira-kira dimana sih tempat makan halalnya?

1. Chrisly Inn

Destinasi wisata halal.

Ini adalah restoran dan bakery bersertifikat halal di Hong Kong. Tempat yang dibangun sejak 2016 ini cocok menjadi destinasi wisata halal bagi kaum muslim. Salah satu menu favorit adalah egg tart.

2. Halal Dim Sum

Dim sum, salah satu menu makanan halal di Hong Kong.

 

Letaknya ada di Islamic Centre, sebuah gedung pusat kajian sekaligus masjid, tepatnya di Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre.

Kantin yang terletak di lantai lima ini menyajikan makanan halal. Salah satunya dimsum yang terbuat dari daging ayam, sapi, dan udang. Satu porsi berisi tiga sampai empat potong. Selain itu juga ada siu mai, har gow, xiao long pao, dan steamed glutinous rice with chicken in lotus leaf yang siap menggoyang lidah.

3. Wai Kee

Salah satu menu di Wai Kee.

Mencari menu bebek panggang halal ternyata susah lho di Hong Kong. Tapi berkat kehadiran Wai Kee, kamu bisa merasakan lembutnya daging bebek panggang. Wai Kee adalah konter halal sederhana yang buka dari jam 11 siang sampai enam sore.

Banyak turis muslim dari seluruh dunia datang ke tempat ini. Tempat ini sudah berdiri lebih dari 30 tahun dan menjadi favorit pada wisatawan dari Indonesia dan Timur Tengah.

Itu adalah tiga rekomendasi tempat makan halal di Hong Kong. Tapi jika kamu masih bingung atau mau eksplore wisata kuliner halal lainnya, coba lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan kamu melihat tanda halal atau lembaran sertifikat halal ya. Biasanya restoran halal memasang label halal atau memajang sertifikat halal di dinding, untuk meyakinkan para pengunjungnya.
  • Kamu juga bisa bertanya pada pelayan restoran, apakah menu yang disajikan halal atau tidak. Jangan khawatir, mereka umumnya akan sangat terbuka kok dalam menjawab pertanyaanmu.
  • Jika masih ragu atau kesulitan menemukan restoran halal, kita bisa melihat referensinya dari situs resmi Hong Kong Tourism Board, www.discoverhongkong.com. Pilihan lain teraman adalah menyantap makanan cepat saji seperti McDonalds dan KFC yang sudah pasti halal dan gerainya pun menjamur di Hong Kong.

Jika perutmu sudah kenyang dan mau lanjutkan aktivitas liburanmu di Hong Kong, cobalah datang ke Sky 100 yang terletak di lantai 100 gedung international commerce centre (ICC). Sky 100 menawarkan pemandangan Hong Kong dari berbagai sisi dalam sudut 360 derajat. Untuk naik ke atas lantai 100, jangan khawatir akan terasa lama. Justru kamu akan dibawa naik dengan lift tercepat di Asia dengan kecepatan 1,6 detik per lantai.

Dengan kata lain, hanya butuh waktu satu menit untuk tiba di lantai 100. Selain itu, gedung tertinggi di Hong Kong juga menantang adrenalin pengunjung, dengan menjajal fasilitas Virtual Reality (VR). Jika mau memacu adrenalin dengan cara yang lain, kamu bisa naik Ngong Ping 360. Ini adalah wahana kereta gantung dengan jalur terpanjang di Asia.

Pemandangan Hong Kong dari atas Sky 100.

Untuk menikmati Ngong Ping 360, kamu bisa memilih salah satu adri dua jenis cable car atau kereta gantung, kabin standar dan kabin kristal. Nah saatnya melihat seberapa besar keberanianmu dengan memilih cable car crystal. Kabin ini menciptakan sensasi ‘terbang di awan’ selama 25 menit karena setiap sisi cable car transparan bahkan termasuk di bagian bawah.

Nah dari titik naik, nantinya kamu akan tiba di Ngong Ping Village. Di sini kamu akan melihat patung Buddha duduk terbesar di dunia, Tia Tan Budha (Big Buddha). Keindahan Ngong Ping 360 derajat dan pemandangan Laut China Selatan bisa dilihat dari area ini. 

Sebenarnya masih banyak yang bisa dieksplor dari Hong Kong. Misalnya kamu bisa berburu sejumlah barang-barang antik di Temple Market. Jika ingin mendapatkan busana, aksesoris wanita, serta perabotan rumah tangga, bisa meluncur ke Ladies Market.

Segera yuk rencanakan liburan kamu ke Hong Kong untuk berjelajah kulinernya! Intip Singapore Airlines Deal ini untuk penawaran-penawaran menariknya sekarang!

(Adv)