Sampang, Destinasi Mudik 2019 yang Kaya Rasa

Liputan6.com, Sampang Pulau Madura memiliki beragam kuliner istimewa. Salah satu penghasil kuliner khas itu adalah Kabupaten Sampang. Resepnya warisan leluhur. Varian kulinernya sangat beragam. Kenikmatannya pun menempatkan cita rasa itu sebagai #PesonaMudik2019.

“Kuliner Madura bukan hanya soal sate. Varian kulinernya justru sangat beragam dengan sebaran luas. Sampang merupakan salah satu situs besar kuliner di Madura. Cita rasanya masih otentik meski sudah lintas generasi. Masyarakat di sana mampu mempertahankan keaslian kulinernya,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sukses melestarikan warisan berharga leluhur, Sampang sudah menyiapkan 10 kuliner. Silahkan berkunjung ke Sampang dan eksplorasi kekayaan kulinernya. Berikut pilihan menunya:

1. Nasi Kobel

Nasi Kobel merupakan kuliner khas pesisir Sampang. Komposisi Nasi Kobel sangata unik. Selain nasi, ada juga ikan laut dan parutan kelapa. Rasanya semakin nikmat dengan sambal Buje Cabibih. Sambal ini teruat dari garam dan cabai yang diulek tanpa air. Komponen lezat ini lalu dibungkus dalam daun pisang dan siap menggoyang lidah.

Bereda dari kebanyakan nasi, kuliner tersebut memiliki kekuatan di parutan kelapanya. Sebab, parutan kelapanya dibuat dengan cara dipanggang di atas cobek. Kebanyakan parutan kelapa untuk serundeng dibuat dengan cara disangrai. Sedikit flash back, Nasi Kobel itu kependekan dari ‘Korang Abhelih’. Artinya, kalau kurang silahkan kembali lagi. Pada jaman dahulu, Nasi Kobel dibuat oleh istri nelayan untuk bekal suaminya melaut. Di situ ada harapan, agar sang nelayan kembali ke darat begitu aktivitas melalu selesai.

2. Bebek Songkem

Madura sangat terkenal dengan kuliner olahan bebeknya. Salah satu olahan legendaris itu adalah Bebek Songkem yang banyak tersebar di Sampang. Untuk mendapatkan cita rasa terbaik, treatment khusus diberikan untuk menghilangkan aroma khas dari bebek. Olahan ini juga dipercaya menurunkan kadar kolesterol dari daging bebek. Untuk menikmati Bebek Songkem, silahkan datang ke Jalan Trunojoyo, Sampang. Cita rasanya nikmat dengan nuansa pedas. Dagingnya terasa kenyal. Hal inilah yang membedakannya dengan olahan bebek goreng atau lainnya. Kuat dengan rempah, Bebek Songkem dibalut dengan daun pisang lalu dikukus hingga 4 jam. Selain nikmat, harganya juga sangat ramah.

3. Kaldu Sumsum

Kaldu Sumsum menambah daftar kekayaan kuliner Sampang. Kuliner ini banyak dijumpai di wilayah Tanglok, yaitu Depot Al-Ghozali. Lokasinya di Jalan Diponegoro 34-A, Sampang. Spot tersebut hanya ditempuh 5-10 menit dari Alun-Alun dan Tugu Sampang. Selain nikmat, kuliner ini juga unik. Sebab, kaldu sumsum disajikan bersama tempurung tulang sapinya.

Untuk menikmatinya, sumsum dalam tulang disedot memakai sedotan. Bila sulit, silahkan masukan kaldu ke dalam tulang. Rasanya sudah pasti gurih dan nikmat. Kenikmatannya semakin lengkap, sebab disajikan juga tetelan daging dan tulang muda sapi. Dengan banyaknya komposisi, kuliner ini biasanya disajikan dalam mangkuk besar. Soal harga, sudah pasti ramah dan terjangkau.

4. Cager Telur

Ceger Telur juga salah satu kuiner khas Sampang. Cita rasanya sudah pasti nikmat. Bukan hanya sekedar menikmatinya, publik juga bisa belajar cara membuatnya. Bahannya terdiri dari telur ayam, cabe merah, kubis, daun jeruk, air, dan bawang. Siapkan pula garam, gula, juga cuka masak.

Untuk bumbu halusnya, halusnya bawang merah dan putih, kemiri goreng, kunyit, dan lengkuas. Langkah pertama, rebus telur, kupas, dan goreng hingga berkulit. Bumbu yang sudah dihaluskan lalu ditumis dan ditambah air. Masukan kol, cabe, dan telur. Lalu, aduk hingga rata. Masukan juga bumbu lainnya, seperti garam, gula, dan cuka masak.

5. Dhun Adhun

Saat berkunjung ke Sampang, maka Dhun Adhun wajib dinikmati. Kuliner initerdiri dari lontong, kuah kental, dan tepung beras. Komposisi tersebut lalu dicampur santan. Bumbunya terdiri dari rempah terbaik nusantara. ada ketumbar, bawang merah-putih, kunyit, daun jeruk nipis, garam dan gula.

Cita rasanya semakin nikmat dengan taburan serundeng dari bahan dasar jagung dan sambal terasi. Waktu terbaik menikmati Dhun Adhun adalah di pagi hari, untuk sarapan. Kuliner ini banyak dijumpai di tiap sudut Kota Sampang mulai pukul 05.00 WIB. Rujukannya adalah Jalan Ternate, Kota Sampang. Harga per porsinya sangat ramah, meski pemudik minta menu tambahan seperti daging dan sayuran.

6. Sate Sampang

Berada di Pulau Madura, maka sate menjadi salah satu kulineryang wajib dinikmati. Untuk menikmati sate, silahkan datang ke Jalan Hasyim Ashari 25, Sampang. Posisinya searah dengan jalan menuju Tugu Monumen Kota Sampang. Sate di sini selalu ramai. Dagingnya empuk serta beraroma rempah gule. Cita rasanya semakin lengkap dengan bumbu kacangnya. Untuk menikmati sate, bisa didampingi dengan camilan khas Madura. Sebut saja rengginang, lorjuk, kripik tette, atau ting-ting kacang. Minumnya pilihlah yang segar dan variannya sangat banyak. Untuk harga sudah pasti ramah.

7. Warung Asela

Warung Asela merupakan situs ideal mengeksplorasi rasa kuliner Sampang. Lokasinya strategis dan berada di Pantai Complang, Sampang. Selain berselancar rasa, pemudik juga bisa mendapatkan warna eksotis alamnya. Secara historis, kata ‘Asela’ berasal dari ‘Aselah’ yang berarti bersila. Dan, cara makan di sini memang dilakukan dengan lesehan. Ada beragam menuyang ditawarkan Warung Asela. Sebut saja cumi bakar manis, udang bakar, ayam bakar, dan ayam goreng.

Salah satu yang khas adalah olahan ikan kakap. Variannya, kakap besar, sedang, dan kecil. Pengolahannya digoreng dan dibakar. Rasanya semakin nikmat dengan sambal pencit dan sayuran. Minumannya pun khas, seperti kopi susu, jeruk hangat, dan lainnya.

8. Soto Sampang

Sampang juga terkenal dengan sotonya. Salah satu wilayah penghasil soto nikmat ini berada di Jalan Rajawali, Sampang. Variannya terdiri dari Soto Daging dan Soto Ayam. Ada juga Soto Daging+Telor. Menu lainnya Lele, Ayam, Tempe Penyet.

Untuk minumannya terdiri dari juice jambu, mangga, salah, pepaya, anggur, dan belimbing. Ada juga varian alpukat, durian, naga, sirsak, dan melon. Silahkan berkunjung ke sana. Selain cita rasnya yang nikmat, harganya juga sangat ramah. Soto Sampang ini identik dengan kuahnya yang gurih. Pastikan Soto Sampang masuk dalam daftar buruan kuliner utama di Sampang ya…

9. Pisang Gechok

Memiliki komoditi pertanian berupa pisang, beragam olahan pun diberikan Sampang. Salah satu kuliner yang populer di sana adalah Pisang Gechok. Rasanya nikmat dengan aroma harus khas pisang. Kuliner ini bisa dinikmati bersama minuman segar. Untuk harganya jelas sangat ramah dan terjangkau. Ada banyak spot di Sampang yang menyajikan menu khas tersebut.

10. Lontong Lodeh

Lontong Lodeh merupakan kuliner dengan perpaduan antara sayur lodeh dan lontong. Kuiner ini begitu populer. Bahan penyusun sayur lodehnya terdiri dari, terong ungu, kacang panjang, dan daun melinjo. Untuk kuahnya terbuat dari komposisi santan beragam rempah terbaik nusantara. cita rasa kuahnya gurih dan mengundang selera untuk menikmatinya.

Ada banyak spot yang menjual kuliner ini di Sampang. Harganya pun sangat terjangkau. Lontong Lodeh ini dijamin bisa memuaskan rasa rindupemudik akan kampung halaman. So, silahkan menikmati kuliner nikmat dan khas asal Sampang. Selamat berlibur Lebaran 2019.