Resep Cupcake Cokelat Moist, Hadiah Istimewa di Hari Valentine

Liputan6.com, Jakarta – Cokelat sudah sebegitu identik dengan hadiah di Hari Valentine. Sajian bercita rasa cenderung manis ini diberikan sebagai simbol kasih sayang dan cinta yang mendalam pada orang terdekat.

Tak melulu dalam bentuk monoton, cokelat sebagai hadiah Valentine juga bisa dikreasikan sedemikian rupa, termasuk cupcake. Buat perayaan hari kasang sayang lebih spesial dengan memberi hadiah cupcake cokelat dengan resep kreasi koki cilik asal Malaysia, Leah Choy, dari bukunya Chef Leah with a Big Heart.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cupcake cokelat moist:

Bahan-bahan kering:

245 gram tepung serbaguna

80 gram bubuk kakao

1 1/2 sdt baking soda

1 1/2 sdt baking powder

1/2 sdt garam

180 gram gula

Bahan-bahan basah:

120 gram minyak sayuran (buat cupcake lebih lembut)

240 gram susu segar

240 gram air hangat

2 butir telur

1 sdt ekstrak vanilla murni

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

Tepung dan telur, beberapa bahan yang dibutuhkan untuk cupcake cokelat. (pixabay.com/Komarudin)

Langkah 1

Panaskan oven lebih dulu dalam suhu 180 derajat celcius. Taruh 12 mangkuk cupcake di nampan.

Langkah 2

Saring tepung, bubuk kakao, baking soda, dan baking powder ke dalam mangkuk. Tambahkan garam dan gula. Aduk dengan sendok pengocok. Pastikan tidak ada gumpalan di dalamnya.

Langkah 3

Di mangkuk yang terpisah, aduk bahan-bahan basah.

Langkah 4

Campurkan bahan-bahan basah ke dalam mangkuk berisi bahan-bahan kering. Kocok dengan mesin pengocok besar, hingga terbentuk adonan halus.

Langkah 5

Dengan sendok es krim, isi alas cupcake sebanyak 3/4 bagiannya dengan perlahan. Ketuk nampan muffin agar gelembungnya hilang.

Langkah 6

Masukkan nampan ke dalam oven dan panaskan selama 18-25 menit. Untuk memeriksa kematangan, Anda bisa menggunakan tusuk gigi dan tusuk ke dalam adonannya. Bila tusuk giginya kering, berarti cupcake sudah matang.

Langkah 7

Hias cupcake sekreatif mungkin dengan menaruh topping di atasnya. Cupcake cokelat moist siap disajikan untuk 12 porsi. (Esther Novita Inochi)