Raline Shah Buka Kedai Kopi yang Tulus, Ramah dan Terjangkau

Liputan6.com, Jakarta – Kedai kopi kekinian, atau biasa disebut “third wave coffee” yang semakin menjamur ternyata ikut dilirik oleh Raline Shah. Kisaku, nama kedai kopi tersebut berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan baru saja diresmikan pembukaannya pada Kamis, 12 September 2019.

Kedai milik Raline tersebut mengusung open concept yang dibuat minimalis dengan dinding yang dominasi warna kalem. Tempat duduknya dibuat berdekatan, bahkan ada sebuah meja panjang berbentuk segiempat dan ada bebatuan kecil di bagian tengahnya.

Lalu ada halaman rumput yang bisa digunakan untuk lesehan dengan atap terbuka. Konsep ini ternyata berkaitan nama Kisaku. Dengan begitu para pengunjung bisa lebih berinteraksi meski mereka mungkin tak saling mengenal.

“Kisaku dari bahasa Jepang, artinya friendly, tulus, ramah, hangat dan semua elemen itu kami masukkan ke desain visual. Kami buat tempat senyaman mungkin,” terang Raline pada Liputan6.com.

Aktris dan model cantik ini memang tak sendirian. Ia membuka Kisaku bersama adiknya, Rollin Shah dan tiga orang sahabatnya yaitu Dolly Hardjono, Catherine Halim, dan Lionel Hanjaya.

“Aku memang sudah punya beberapa usaha, tapi kalau kuliner baru di Kisaku ini. Aku kerjasama dengan adik aku dan sahabat aku sendiri, itu yang membuat aku memutuskan buat buka kedai kopi. Kenapa kopi? Simpel aja alasannya, kita semua penyuka berat kopi,” sambung Raline.

2 dari 3 halaman

Kopi Vegetarian

Kedai kopi ‘Kisaku’ milik Raline Shah dan para sahabatnya. foto: dok. magnifique

Raline mengakui menciptakan rasa yang otentik dengan takaran kopi yang pas serta gula yang pas, bukan hal yang mudah. Mereka pun melakukan riset selama beberapa bulan sebelum memutuskan racikan kopi apa saja yang akan disajikan.

Jenis kopi yang tersedia kedai ini perpaduan biji kopi Gayo Aceh dan Flores. Kopi tersedia dalam kondisi hangat dan dingin. Harganya pun ramah di kantong yaitu mulai dari Rp20 ribuan sampai Rp40 ribuan.

Selain itu ada kopi untuk vegetarian yaitu memakai Oatly, susu yang terbuat dari gandum dengan cita rasa gurih.

“Salah satu riset kita ya mencari susu dari gandum ini. Kita cari yang kira-kira pas buat selera orang Indonesia. Akhirnya kita ketemu susu oatly ini dan disajikan di tempat kita,” ungkap Catherine.

Selain kopi, Kisaku juga menyajikan minuman jus dan makanan ringan. Kedai kopi milik Raline Shah dan adiknya serta tiga sahabatnya ini buka setiap hari, dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: