Proses Pembuatan Tradisional Masih Dipertahankan Batik Warisan

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu produk kebanggaan Indonesia dan dikenal di seluruh dunia adalah batik. Batik termasuk warisan leluhur yang harus dilestarikan dan diedukasikan kepada generasi penerus.

Saat ini memang sudah banyak orang yang memiliki atau memakai batik. Meski begitu, masih banyak juga yang belum tahu perbedaan antara batik tulis, batik cap sampai batik printing.

Seperti Batik Warisan yang mempertahankan pakem seni batik tradisional Indonesia. Dalam setiap desainnya batik ini selalu terlihat kontemporer. Mereka menggunakan teknik lawasan dengan proses pembuatan yang sangat tradisional.

Motif yang dihadirkan terinspirasi dari pemandangan, burung, kupu-kupu, bunga, dan guci, dengan sentuhan warna pastel segar yang menjadi ciri khasnya.

“Batik Warisan memakai teknik lawasan yang menunjukkan dengan jelas kerapian dan keuletan teknik pembatikan modern, proses pembuatannya sangat tradisional,” ucap Fetty Kwartati, selalu pemilik Batik Warisan saat ditemui di Jakarta, beberapa hari lalu.

Menurut perempuan berusia 51 tahun itu, saat ini teknik lawasan sudah sangat sulit dan langka. Jadi tidak heran kalau koleksi tersebut masuk ke dalam kategori batik premium dengan menggunakan bahan dasar kain sutra dan katun.

“Pengerjaan teknik lawasan cukup lama, dan orang yang (memiliki) skill akan teknik ini semakin langka. Ditambah lagi, warna pastel itu lebih sulit untuk membuat hasil yang luar biasa dan unik,” sambungnya.

Ada koleksi Warisan Batik yang pengerjaannya paling lama, yaitu bisa memakan waktu sampai dua tahun. Satu di antaranya batik berwarna hijau dengan desain bambu.

Pengerjaan kain tersebut dari dua sisi, dengan tingkat kerapatan yang harus dikerjakan oleh orang yang berkompeten.

“Buat menghasilkan teknik lawasan yang rapi, caranya dengan memakai canting nano, yaitu canting yang berukuran nol dan di bawah nol, bagian ujungnya tajam atau kecil,” terang perempuan kelahiran 4 Februari 1968 itu.

Untuk itu wajar saja kalau harganya termasuk tinggi. Harga batik premium Batik Warisan berkisar di atas Rp 15 juta dengan ukuran panjang kain 2,7 meter dan lebar 1,05 sampai 1,15 meter.