Menyantap Olahan Gurita Panggang ala Pesisir Spanyol nan Gurih

Liputan6.com, Jakarta – Masakan Spanyol kurang familiar bagi orang Indonesia, dibandingkan makanan Italia. Namun, bukan berarti tak ada restoran orisinal yang bisa dicicipi langsung di Jakarta. Terletak di kawasan Jalan Suryo, Jakarta Selatan, Restoran Txoco dibuka dengan mengusung konsep makanan Basque, sebuah daerah pesisir pantai di Spanyol.

Oskar Urzelai, pemilik sekaligus chef restoran tersebut, menunjukkan menu terfavorit kepada para tamu. Menu itu adalah grilled octopus with boletus cream, yaitu gurita panggang dengan krim jamur Boletus.

Bentuk jamur Boletus mirip jamur shitake tetapi lebih gemuk. Jamur tersebut ditumbuk terlebih dulu sebelum dimasak hingga kental seperti krim. Jamur yang telah diolah kemudian ditata di dasar mangkuk.

Selanjutnya, gurita panggang yang dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalam mangkuk. Aroma bawang putih tercium sangat harum. Menu ini biasanya disajikan sebagai hidangan utama saat menyantap makan malam bersama keluarga.

Saat dicicipi, rasa gurih sedap langsung menggoyang lidah. Cocok dengan cita rasa kesukaan saya. Seporsi gurita panggang yang terhidang cukup mengenyangkan perut.

“Saya senang kalau ada pelanggan yang minta eksperimen masakan saya,” kata Oskar kepada Liputan6.com, Kamis, 10 Oktober 2019.

Selain menu itu, ada banyak menu masakan Spanyol lainnya yang bisa memanjakan lidah Anda. “Datang bersama-sama lebih menyenangkan, karena selain bisa berdiskusi, pesanan makanan bisa lebih banyak sehingga bisa menyicipi menu yang berbeda-beda,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Tempat Nongkrong

Interior Txoko Jakarta yang dindingnya berisi mural berwarna-warni. (Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Txoko dalam bahasa Basque berarti sudut yang nyaman. Teman makan ini memang diharapkan menjadi tempat pilihan saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Pria berkebangsaan Spanyol itu sengaja mendirikan Txoko Jakarta sebagai tempat makan yang menyediakan masakan rumahan asal negaranya dengan suasana restoran yang asyik untuk dijadikan tempat kumpul bersama teman, rekan kerja ataupun keluarga.

Terletak di kawasan Senopati, Anda yang sedang beristirahat kerja atau ingin kumpul dengan teman bisa mampir ke restoran yang menyediakan lahan parkir lumayan luas. Interior ruangannya berwarna pastel dengan dinding mural yang berwarna-warni.

Dalam restoran menyediakan berbagai ukuran kursi yang bisa dinikmati untuk pengunjung berdua bahkan secara berkelompok. Kemudian, Txoko Jakarta juga menyediakan ruangan privat bagi Anda yang ingin menggelar pertemuan lebih tertutup. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: