Mengintip Ruang Favorit Keluarga Jokowi Saat Menyantap Sajian Plataran Menteng

Liputan6.com, Jakarta – Nama Plataran Menteng makin naik daun setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih restoran yang berada di hoek sebagai lokasi pengumuman nama calon wakil presiden yang mendampinginya dalam Pilpres 2019, Agustus 2018 lalu. Ternyata, orang nomor 1 di Indonesia tersebut sudah lama jadi pelanggan restoran berkonsep fine dining tersebut.

“Sebelum jadi presiden, beliau sudah ke sini,” kata Corporate Marketing Communication Plataran Hotels and Resorts, Maitri Widyakirana kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Tak hanya Jokowi, ia juga menyebut sang istri, Iriana, juga terkadang menyantap makan siang di restoran yang berdiri di bekas kediaman seorang dokter kandungan ternama, Liem Khe Loen. Hal itu tak mengherankan mengingat restoran tersebut menyediakan beragam makanan Nusantara dengan teknik memasak yang berbeda.

Salah satu ruangan yang sering ditempati keluarga Jokowi adalah Ruang Mangkunegaran. Berada di lantai 2, ruang makan ini memiliki jendela lebar dengan pemandangan daun-daun pohon mangga tua nan rimbun.

Satu meja panjang berkapasitas ideal 10 orang menjadi diletakkan di tengah ruang yang beralas karpet merah. Sementara, sepasang kursi beralas rotan ditaruh di sisi kanan ruangan, yang bisa menjadi tempat duduk ajudan saat menunggu Jokowi selesai makan.

Sesuai namanya yang merupakan nama Keraton Solo, kesan megah dan anggun terasa dengan desain ruang memiliki sentuhan Jawa. Perabot dari kayu mendominasi ruang tersebut, misalnya deretan kursi makan dan lemari pajangan berukir yang menandakan berasal dari Jepara.