Mengenang Masa Lalu Secara Gratis di Museum Sejarah Jakarta Saat Pemilu 2019

Kawasan Kota Tua memiliki banyak kantor penting pada zaman pemerintahan Belanda. Terdapat kantor seperti Dewan Pengadilan, Dewan Yatim Piatu, dewan yang mengurusi tera atau timbangan, dan kantor catatan sipil.

Pada 1974 bangunan-bangunan tersebut dialihfungsikan menjadi museum. Salah satunya Museum Sejarah Jakarta yang pada 30 Maret 2019 merayakan ulang tahun yang ke-45.

Masuk ke dalam Museum Sejarah Jakarta, Anda bisa merasakan atmosfer yang berbeda. Dinding, lantai, dan tangga yang terlihat tua seakan menjelaskan sejarah besar bagi bangsa Indonesia ada di sana. Aroma ruangan yang tidak biasa seakan memberi tahu ada sejarah menyakitkan yang dialami masyarakat Indonesia saat itu.

Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi seperti meja, kursi, tempat tidur, penyekat ruangan, senjata, barang purba yang ada sejak abad ke-17 hingga ke-19.

Bagi pengunjung yang masuk ke museum ini, mereka dikenakan biaya Rp 5 ribu untuk dewasa, Rp 3 ribu untuk mahasiswa, dan Rp 2 ribu bagi pelajar. (Fairuz Fildzah)