Mau Naik Pesawat ke Yogya? Cek Dulu Kode Bandaranya

Liputan6.com, Jakarta – Anda berencana pergi dari atau ke Yogyakarta dengan naik pesawat terbang? Kalau sudah membeli tiket jangan lupa untuk memperhatikan tiket tersebut.

Itu karena, Yogya sudah mempunyai dua bandara (bandar udara). Yang pertama tentunya adalah Bandara Adisutjipto. Sedangkan yang kedua adalah Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport.

Bandara yang baru resmi beroperasi pada Mei 2019 ini berlokasi di daerah Kulon Progo. Bandara baru ini akan dikembangkan untuk melayani penerbangan domestik jarak jauh dan internasional dengan jarak tempuh penerbangan lebih dari 1 jam.

Sedangkan Bandara Adi Sutjipto akan tetap dipakai untuk penerbangan jarak dekat dan penerbangan general aviation. Jadi, setelah membeli tiket Anda perhatikan tiga huruf kode bandara tujuan.

Dilansir dari akun Twitter resmi ‘AngkasaPura Airports, Rabu, 12 Juni 2019, dituliskan: “Kalau pada tiket tertulis kode YIA, berarti akan terbang atau mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Sedangkan untuk kode JOG akan terbang atau mendarat di Bandara Adisutjipto.”

Jangan sampai Anda pergi ke bandara yang salah, terutama saat akan pergi dari Yogya karena Anda bisa naik ke pesawat yang salah dan kemungkinan tiket Anda tidak akan bisa dipergunakan.

2 dari 3 halaman

Jarak Antar Bandara Cukup Jauh

Kalau Anda datang ke bandara yang salah, perlu waktu cukup lama untuk ke bandara tujuan Anda sebenarnya. Karena jarak antara Yogyakarta International Airport dengan Bandara Adisutjipto cukup jauh.

Kalau menggunakan bus atau mobil jarak tempuhnya bisa sekitar 90 menit. Naik kereta bisa lebih cepat yaitu sekitar 30 menit tapi itu untuk waktu tempuh dari Bandara Adisutjipti sampai Stasiun Wojo,

Di Stasiun Wojo Anda bisa naik bus Damri ke YIA dengan jarak tempuh sekitar 10 menit.  Untuk saat ini trayek kereta ke YIA sedang dalam tahap penyelesaian sehingga belum bisa dilalui kereta.

Saat ini dengan naik kereta memang terkesan agak repot karena tidak langsung sampai ke bandara YIA, tapi tentu waktunya lebih terukur dan lebih cepat dibandingkan dengan naik mobil.

Yogyakarta International Airport atau sering disebut juga dengan Bandara Kulon Progo ini akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Kapasitas penumpangnya 14 juta orang per tahun atau delapan kali lipat lebih banyak dibanding kapasitas bandara Adisutjipto Yogyakarta sebesar 1,7 juta penumpang per tahun.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: