Lelaki Ini Jajal Memasak di Suhu -70 Derajat Celsius

Liputan6.com, Jakarta – Cyprien Verseux, seorang glasiologis dan atrobiologis yang tengah bekerja, berbagi pengalaman memasak di salah satu pangkalan penelitian paling terisolasi di Bumi, yakni Concordia Station, Antartika.

Pangkalan luar angkasa internasional yang berada 400 kilometer di atas Bumi saja, bahkan berada lebih dekat dengan peradaban ketimbang tempat ini.

Ketika tidak sedang sibuk mengumpulkan sampel dan melakukan penelitian tentang perubahan cuaca, Cyprien mengelola blog untuk berbagi pengalamannya hidup di lingkungan dengan cuaca ekstrem.

“Sembilan bulan selama setahun, selama musim dingin, tempat ini tidak bisa dijangkau maupun ditinggalkan. Cuaca akan sangat dingin sampai kendaraan tidak bisa datang dan pergi. Kami di sini ber-13. Ada teknisi, ilmuwan, seorang juru masak, dan seorang dokter,” katanya seperti dilansir dari Bored Panda, Senin, 15 April 2019.

Minim oksigen dan lanskap hanya berupa putih es sejauh mata memandang membuat ilmuwan merasa mereka hidup di planet lain. “Ini adalah tempat terdingin di Bumi dengan temperatur mencapai -80 derajat Celsius saat musim dingin. Kami akan melihat matahari kembali di bulan Agustus. Udara akan sangat kering,” ujarnya.

Sebagai penghibur, Cyprien memutuskan untuk pergi keluar dan mencoba memasak, kemudian mengambil foto perbedaan penampakan makanan di suhu ekstrem. Awalnya hanya iseng, tapi lama-kelamaan, foto-foto ini jadi sensasi di dunia maya.