Keseruan Perayaan Festival Warna-warni di 4 Negara

Liputan6.com, Jakarta – India tak hanya menyimpan menyimpan keindahan alam, tetapi juga beberapa perayaaan yang menarik. Satu di antaranya Holi, sebuah festival yang melibatkan bubuk penuh warna yang menjadi selebrasi adat umat Hindu India.

Awalnya, festival ini digelar untuk menandakan kehadiran musim semi. Namun kini, Holi telah berkembang menjadi perayaan kasih sayang, persahabatan, masa muda, hingga kesuburan. Holi juga sebagai momen berkumpul dengan orang-orang terkasih.

Puncak perayaan Holi didedikasikan untuk bermain air sembari melemparkan bubuk warna-warni yang dikenal dengan gulal. Di momen ini pula dapat menikmati suguhan manis.

Festival Holi biasanya berlangsung pada 20-21 Maret 2019 dan kemungkinan ada perbedaan tanggal di negara lain. Seperti apa keseruan perayaan festival penuh warna tersebut? Simak rangkuman Agoda di bawah ini.

1. Goa, India

India merupakan destinasi yang tepat jika ingin menyaksikan keseruan Festival Holi. Anda dapat menuju Goa, salah satu wilayah yang disebut sebagai pusat pesat di India. Bakal ada selebrasi meriah dengan melempar balon air atau gulal.

Untuk menikmati perayaan ini, Anda dan kawan-kawan juga harus memikirkan tempat menginap. Satu rekomendasinya adalah di Amore Manolita yang memiliki dapur dan dapat mempersiapkan campuran warna-warna organik dan ramah lingkungan.

2. Pokhara, Nepal

Selain India, perayaan Holi di Nepal juga tak kalah meriah. Sehari sebelum dimulai, ada momen untuk menyalakan api unggun yakni sebagai lambang kemenangan kebaikan atas kebatilan. Ingin ikut dalam selebrasi? Jangan lupa untuk mengolesi kulit dengan pelembab dan memoles kuteks pada kuku.

Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat membersihkan diri setelah perayaan. Tak ketinggalan, semarak Festival Holi dapat Anda tutup dengan pemandangan memukau di Fishtail Lodge atau Pavilions Himalayas.

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat pun memiliki keunikan tersendiri yang serupa dengan Festival Holi yakni Festival of Colors di Los Angeles, Amerika pada 9-10 Maret 2019. Perayaan ini menghadirkan musik, yoga, dan lainnya. Anda dapat menginap di Bissell House Bed & Breakfast di Pasadena yang lokasinya tak terlalu jauh dari perayaan.

4. Mauritius

Di Mauritius, hampir semua penduduk hingga wisatawan dapat merayakan Holi. Namun Anda patut berhati-hati karena siapapun yang ada di area terbuka saat Festival Holi dapat menjadi sasaran permainan lempar air berwarna. Anda dapat menginap juga bermain kano di LUX* Belle Mare.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Umat hindu di Karachi, Pakistan merayakan festival Holi dengan penuh warna di kuil Mandir Swaminarayan.