Keistimewaan 4 Museum yang Digratiskan Tiket Masuk Usai Pencoblosan Pemilu 2019

Berada di Jalan Tanah Abang I, Jakarta Pusat, museum ini mulanya digunakan sebagai gedung balai kota yang dibangun pada pemerintahan VOC. Selain bersejarah, museum ini juga mengoleksi beragam peninggalan-peninggalan Belanda, seperti mebel, perabot rumah tangga, senjata, keramik, peta, buku-buku, dan lainnya.

Monumen Nasional (Monas)

Letaknya di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, bangunan berarsitektur khas ini bermahkotakan emas berbentuk lidah api seberat 50 kilogram. Di tempat ini, para wisatawan juga bisa mengenal sejarah Indonesia.

Museum Taman Prasasti

Dibangun pada 1795, tempat ini bermaksud menggantikan pekuburan di samping gereja Nieuwe Hollandsche Kerk (sekarang Museum Wayang). Di museum ini terdapat benda-benda bersejarah dan makam-makam era kolonial Belanda.

Museum Bahari

Letaknya di Jl. Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Tempat ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan Indonesia. Beragam koleksi yang disimpan di museum ini di antaranya berbagai jenis perahu tradisional dengan beragam bentuk, gaya dan ragam hias hingga kapal VOC.

Di sini juga terdapat koleksi biota laut, data-data jenis, dan sebaran ikan di perairan Indonesia.