Jenis Kayu yang Cocok untuk Furniture, dari Tampilan Mewah Hingga Minimalis

7. Kayu ramin

Jenis kayu ini banyak ditemukan di daerah Sumatra dan Kalimantan. Kayu ramin memiliki warna yang kuning dengan tekstur seratnya yang halus. Jenis kayu yang bisa tumbuh hingga 45 meter ini banyak digemari karena memiliki permukaan kayu yang licin dan mengkilap. Harga dari kayu ramin lebih murah ketimbang dari kayu jati.

8. Kayu oak

Jika kamu menginnginkan furniture yang tahan lama, jenis kayu oak bisa jadi pilihanmu. Memiliki karakteristik kayu yang kreas, kuat dan tahan lama banyak masyarakat yang mengincarnya. Kayu oak memiliki garis-garis serat yang indah, ditambah dengan teknik pengecatan maka kayu ini terlihat mengkilap dan indah.

9. Kayu merbau

Jenis kayu merbau adalah jenis kayu yang keras dengan kualitas tinggi. Beberapa wilayah di Maluku dan Papua menyebutnya sebagai kayu besi. Memiliki warna kuning kecoklatan, jenis kayu ini memiliki tekstur yang kasar dan merata. Namun setelah diolah permukaannya bisa menjadi licin dan mengkilap.

Kayu merbau memiliki bobot yang cukup berat sehingga awet, tahan lama dari kelapukan dan juga cukup tahan dari serangan rayap. Biasanya kayu merbau digunakan sebagai furniture interior atau sebagai lantai kayu karena tekstur aslinya yang kasar.