Jelajahi Sisi Timur Pulau Dewata yang Mempesona

Liputan6.com, Jakarta Birunya air laut yang dihiasi oleh pemandangan matahari terbenam saat sore hari menjadi magnet wisatawan asing dan domestik untuk kerap mengunjungi Pulau Bali. Pantai Kuta, Uluwatu, dan Dreamland hingga hingar bingarnya jalan Legian seolah menjadi destinasi wajib wisatawan ketika liburan di Bali.

Pulau Bali seolah tidak pernah kehabisan tempat wisata baru yang tak kalah cantik satu dengan yang lainnya. Terkadang, terdapat tempat-tempat wisata ini belum seramai Kuta, Legian, maupun Uluwatu. Nuansa Bali yang tenang dan kental dengan kebudayaan setempat pun masih bisa didapatkan.

Salah satunya adalah destinasi wisata di Bali Timur. Jarak dari Bandara Ngurah Rai dengan Bali Timur yang cukup jauh tak jarang menghambat wisatawan untuk datang, terutama wisatawan yang hanya punya jatah libur sebentar. Saat ini, Bali bagian Timur mungkin dikenal dengan Gunung Agung yang menampakkan aktivitasnya belakangan ini. Namun, hal itu tentu tidak mengurangi keindahan sisi Timur pulau Bali.

Contoh destinasi wisata di sisi Timur Pulau Bali adalah Istana Air Tirta Gangga yang terletak di Utara Amlapura. Di sana, wisatawan bisa mandi ala bangsawan sambil dikelilingi oleh taman bunga serta patung-patung eksotis.

Ada juga pemandian air panas dengan pemandangan Gunung Batur yang terletak di kaki Gunung Batur, yakni pemandian air panas Toya Bungkah. Atau, bagi wisatawan yang menyukai petualangan unik, Bali Timur juga memiliki atraksi wisata berupa kapal selam bernama Odyssey Submarine yang berada di Karangasem. Di kapal selam berkapasitas 35 orang yang hanya ada dua di dunia ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan bawah laut Labuhan Amuk atau Amuk Bay yang mengagumkan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengambil foto sebagai kenang-kenangan di tempat favorit para traveler di seluruh dunia, yakni Pura Penataran Agung Lempuyang yang berlatarkan panorama Gunung Agung. Jika Anda tertarik berkunjung ke Bali Timur, aplikasi Traveloka telah melayani rute perjalanan hampir dari seluruh wilayah Indonesia ke Bali. Bukan hanya tiket, lewat aplikasi Traveloka, Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain yang membuat liburan ke Bali lebih nyaman dan bebas repot. Mau tahu fitur-fitur apa saja yang bisa Anda dapatkan di Traveloka? Simak yuk!

Sebelum booking

Pulau Bali tak pernah sepi dari wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal. Berbagai maskapai di Indonesia telah melayani penerbangan dari dan ke Bali dengan frekuensi penerbangan yang sering. Banyaknya maskapai yang melayani rute ke Bali, menjadikan harga tiket penerbangan ke pulau Dewata menjadi bervariasi. Pada peak season seperti libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru, harga tiket ke Bali seringkali lebih tinggi daripada biasanya. Selain itu, masa liburan musim panas yang jatuh pada Juli-Agustus pun tak jarang mempengaruhi harga tiket yang lebih mahal daripada biasanya.

Untuk mengakalinya, wisatawan biasa berburu tiket murah dari berbulan-bulan sebelumnya sehingga bisa mendapatkan tiket dengan harga yang sesuai kantong. Tentunya, jika ingin mendapatkan tiket murah, wisatawan harus rajin memantau harga tiket yang bisa berubah kapan saja.

Traveloka memiliki fitur Price Alert yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu tentang perubahan harga. Setelah mengisi informasi penerbangan incaran Anda berikut dengan harga yang sesuai dengan budget, Traveloka akan secara langsung memberikan notifikasi di ponsel bila tiket tersebut tersedia. Jika Anda lebih suka mendapatkan update setiap hari, maka Anda juga bisa mendapatkan notifikasi secara harian ataupun mingguan. Lebih menarik lagi, Anda juga dapat menambahkan detail penerbangan seperti jumlah transit dan durasi penerbangan.

Saat booking

Lewat Traveloka, anda bisa menggunakan fitur Seat Selection untuk memilih bangku di posisi favorit. Anda bisa memilih window seat jika ingin melihat pemandangan birunya laut Bali ketika pesawat mendarat, atau Anda juga dapat memilih aisle seat bila ingin buru-buru turun setelah pesawat mendarat. Lewat fitur yang bisa Anda gunakan pada saat melakukan booking di Traveloka ini, Anda juga bisa mengatur posisi duduk bila berwisata dengan teman-teman, sehingga tak perlu khawatir tempat duduk Anda bakal terpisah.

Saat ini, penerbangan rute domestik yang langsung ke bandara internasional Ngurah Rai tersedia dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Manado, Medan, dan Makassar. Rute ini dilayani oleh seluruh maskapai domestik, seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia. Penerbangan dari Jakarta ke Bali memakan waktu sekitar satu jam 45 menit, dilanjutkan dengan perjalanan darat selama dua jam menuju Amlapura. Anda pun tak perlu khawatir harus terbang dalam keadaan perut kosong dengan waktu yang lama karena Traveloka juga memiliki fitur yang dapat membantu Anda. Di Traveloka, Anda bisa memilih makanan yang diinginkan lewat fitur Meal Selection untuk mengisi perut anda sebelum siap liburan menjelajahi pulau Bali.

Fitur lain yang bisa anda nikmati lewat aplikasi Traveloka adalah Extra Baggage. Liburan bukanlah liburan jika tidak beli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman di rumah. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu khawatir harus bongkar-bongkar koper sebelum check-in hanya karena kelebihan muatan. Dengan extra baggage, Anda dapat memiliki kapasitas koper yang lebih banyak daripada penerbangan biasa.

Fitur tambahan lain seperti fitur Baggage Wrap juga dapat anda manfaatkan sebagai perlindungan ekstra bagi barang yang Anda bawa. Ketika Anda menaruh koper di bagasi, besar kemungkinan koper Anda akan berulang kali dipindahkan. Jika koper Anda dibungkus dengan bahan plastik anti bocor, maka akan meminimalisir kemungkinan baret ataupun penyok.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Airport Lounge di mana Anda bisa bersantai sejenak dan mengusir kebosanan sambil menunggu boarding pesawat. Di Lounge, Anda akan disuguhi pilihan snack yang lezat serta fasilitas lain, seperti kursi pijat untuk mengusir lelah. Kedua fitur ini lagi-lagi bisa Anda dapatkan dengan amat mudah, hanya tinggal klik di aplikasi Traveloka.

Setelah booking

Setelah mem-booking tiket pesawat, jangan lupa, anda juga dapat melakukan online check-in untuk menghindari risiko ketinggalan pesawat. Mengingat kondisi lalu lintas yang seringkali tidak pasti, tentunya Anda tidak mau merusak mood jalan-jalan kalau sampai hari beli tiket dua kali, bukan? Anda juga cukup duduk manis tanpa harus repot antre di konter check-in yang biasanya mengular panjang.

Selain itu, lewat aplikasi Traveloka Anda juga bisa memantau status penerbangan dengan fitur Flight Status. Fitur ini akan memudahkan Anda jika terdapat perubahan jadwal penerbangan, seperti terjadinya penundaan maupun pembatalan keberangkatan. Anda juga dapat berbagi informasi mengenai status penerbangan dengan teman anda. Dengan fitur ini, teman atau keluarga Anda bisa mengikuti perjalanan penerbangan Anda mulai dari lepas landas hingga mendarat di bandara tujuan.

Sebelum menempuh perjalanan yang cukup panjang menuju Karangasem maupun Amlapura, kenyamanan yang dapat Anda dapatkan di aplikasi Traveloka bisa membantu menghemat tenaga anda sebelum berpetualang menjelajahi pesona Bali di sisi yang lain. Tunggu apalagi, segera booking tiketnya yuk di Traveloka!

(Adv)