Grab X HOOQ, Langkah Nyata Grab Jadi Superapp Terbesar di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen “Video” yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

Sejak lahir delapan tahun yang lalu, Grab telah banyak mengukir sejarah. Dalam acara Peluncuran Layanan Grab X HOOQ di Empirica, Jakarta, Rabu (13/2/2019), President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan bahwa pencapaian Grab paling banyak terjadi pada 2018.

Ia menyebutkan, tahun lalu Grab di tingkat Asia Tenggara sudah berhasil menaungi 8,5 juta micro-entrepreneurship, diunduh 130 juta konsumen, terdapat di 336 kota termasuk 222 kota di Indonesia, dan memiliki lebih dari 5.000 Grabbers.

“Sejarah (lain) yang cukup penting pada 2018 adalah ketika Grab mengambil alih operasional Uber. Sejak saat itu, luar biasa sekali kita bertransformasi dari yang tadinya (aplikasi) terbesar di Asia Tenggara untuk transportasi, sekarang kita bukan hanya besar di transportasi, tapi menuju hal yang lain,” ujar Ridzki.

Ia menjelaskan, sejak saat itu Grab memiliki 2 milyar rides di Asia Tenggara dan mulai merambah ranah yang lain. Sebut saja menu Food, Delivery, Groceries, Pulsa, dan Bills.

“Jadi kami adalah superapp pertama dan terbesar di Asia Tenggara,” ucap Ridzky.

Grab
President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, dalam acara Peluncuran Layanan Grab X HOOQ di Empirica, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Sebagai superapp, lanjutnya, spirit dari Grab adalah partnership. Contohnya, tahun lalu Grab telah mengadakan Grab Ventures di Indonesia yang menghasilkan 250 dollar milyar AS. Grab juga menjalin banyak kerja sama dengan platform online di Indonesia, seperti OVO, Tokopedia, dan Kudo. Menjadikannya ekosistem digital terbesar di Indonesia.

“Lalu, hari ini merupakan momen yang sangat historis. Kita launching Grab dan HOOQ. Di mana ada tiga hal yang sangat spesial dari launching hari ini. Pertama, ini adalah pertama kalinya digital platform dengan streaming platform berintegrasi. Kedua, ini pertama kalinya juga sebuah digital platform level regional Asia Tenggara bekerja sama dengan streaming platform yang levelnya regional juga. Tapi yang paling penting dari hari ini adalah Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan servis ini,” kata Ridzky.

Dirinya mengatakan, pihaknya memastikan bahwa semua konten yang ada di HOOQ tersedia pula di aplikasi Grab. Di dalam aplikasi Grab, akan ada menu Video yang langsung mengarah ke daftar konten HOOQ.

“Lebih spesial lagi, hari ini kita menyediakan rewards untuk pelanggan setia kami atau Platinum users. Mereka adalah pelanggan beruntung yang bisa mengakses layanan Video mulai hari ini dan dapat program khusus, yaitu gratis tiga bulan. Itu tidak kurang dari 10.000 jam (waktu) menonton,” ujar Ridzky.

Bagi Anda yang belum menjadi member Platinum, tak usah khawatir. Nantinya, layanan tersebut dapat diakses oleh semua pengguna Grab.

Terakhir, Ridzky menyampaikan bahwa ia yakin kolaborasi tersebut dapat mengukuhkan posisi Grab sebagai superapp nomor satu di Asia Tenggara.

(Adv)