Cobain Kuliner Jepara yang Menggoda, Bikin Mudik Anda Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Jepara atau Bumi Kartini, adalah tempat yang asyik buat liburan mudik. Ada banyak kuliner sedap yang bisa dijadikan rujukan pada #PesonaMudik2019.

Adanya lokasi pantai di Jepara mempengaruhi jenis kuliner yang berkembang di daerah ini. Ini terlihat dengan adanya tempat makan asyik yang mengandalkan hasil laut sebagai mata jualannya. Selain tentunya makanan lain yang memang khas dari Jepara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menuturkan, kekhasan kuliner di Jepara adalah modal penting untuk orang datang ke tempat ini. Makanya, Arief mengajurkan untuk tak lupa mempromosikan kuliner yang ada di setiap daerah. “Saya berharap masyarakat tidak lupa share hasil eksplorasi kuliner ke media sosial,” ujar Arief.

Menurut Arief, masyarakat bisa share informasi kuliner via Facebook, Twitter, Google+, Instagram, Pinterest, Youtube, dan semua platform medsos.

“Semakin banyak yang share di media sosial tentang kuliner, maka tempat itu jadi lebih mudah dikenal dan diharapkan banyak yang mau berkunjung ke Jepara,” tukas Arief.

Biar lebih jelas, bagi Anda yang penasaran dengan kuliner di Jepara, berikut ini uraian tentang 10 kuliner mantul (mantap betul) yang ada di Jepara.

1. Ikan Bakar dan Pindang Serani Mbok Gipah

Liburan ke pantai Bandengan, jangan lupa mampir ke kedai Ikan Bakar Mbok Gipah. Kedai makan ini berada tak jauh dari pantai Bandengan. Letaknya ada di desa Bandengan, Jepara.

Ikan bakar dengan bumbu yang gurih dan lezat jadi andalan kedai makan ini. Tempat ini selalu ramai dikunjungi orang yang ingin makan ikan enak. Tak hanya ikan bakar, pindang serani dari kedai ini juga bikin air liur menetes. Ajib.

2. Sop Udang Senenan

Sop dengan kuah yang gurih lantaran adanya pemakaian rempah-rempah adalah kenikmatan tersendiri. Di Jepara, foodie atau pencita kuliner bakal ketemu dengan sop udang Senenan. Ya, rumah makan sop udang asli Jepara ini berada di jalan Wahid Hasyim, Senenen, Jepara.

Apa istimewa sop udangnya? Sop udang ini dibanding sop jenis lain, memiliki perbedaan pada kaldunya. Sop Jepara ini memakai kaldu udang dan ditaburi udang goreng. Lalu, diberi cabe mentah yang sudah digeprek. Wow, sangat nikmat ketika dinikmati dalam kondisi hangat.

3. Sate Kerbau H. Darno Shoping Center Jepara

Makan sate ayam atau kambing tentu sudah biasa. Bagaimana sensasi makan sate kerbau di Jepara? Ya, bagi yang ingin makan sate kerbau, foodie bisa sambangi gerai sate Kerbau H. Darno di Shopping Centre Jepara.

Daging kerbau dengan tekstur kenyal dan serat ukuran besar, tentu punya sensasi tersendiri ketika dimakan. Dengan bumbu kacang plus paduan kecap dan daging empuk, membuat sate kerbau ini menyenangkan buat dimakan. Mantul rasanya.

4. Bakso Ayam Gimah

Bakso dari Jepara ini memang berbeda dengan bakso umumnya. Anda tak akan menemukan bulatan bakso pada racikan makanannya. Bakso ini disajikan dengan memakai bihun, taburan kol, seledri, dan bawang goreng. Lalu, ditambah suwiran daging ayam kampung.

Mengapa disebut bakso? Jadi sebenarnya kudapan ini mengandung kuah bakso. Rasanya gurih dan nikmat. Ayam kampung goreng membuat rasa makanan ini jadi mantul. Warung bakso ini berada di jalan Soekarno-Hatta, Desa Tahunan, Jepara.

5. Sate Mak Lampir

Namanya unik sate Mak Lampir. Mengingatkan kita pada tokoh jahat dalam sebuah sandiwara radio masa lampau. Ya, sate Mak Lampir ini tak menyeramkan, malah sebaliknya banyak yang ingin kembali menikmati makanan ini.

Satu porsi makanan ini terdiri dari 10 tusuk sate. Makannya dicampur dengan bumbu kecap potongan bawang, tomat, dan taburan merica. Makan sate ini dengan nasi sungguh lezatnya. Sate Mak Lampir ini berada di jalan Jerukwangi, Bangsri, Jepara.

6. Gudeg Suyeg

Gudeg jelas identik dengan Yogyakarta. Namun bagi warga Jepara, jika ingin makan gudeg enak, cukup menyambangi gerai Gudeg Suyeg. Lokasi tempat makan ini berada di depan Pasar Baru, Jepara.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi banyak orang ketika pagi hari. Pembelinya ramai lantaran rasa gudegnya lezat. Waktu bukanya jam 7 sampai kira-kira jam 11. Jangan telat datang karena biasanya gudeg ini ketika jam 12 sudah habis. Selain gudeg, di sini juga tersedia menu opor, lontong, sate telur, sate ayam, dan lainnya

7. Pecel Horog-horog DPD Golkar

Makan pecel di Jepara sungguh berbeda dengan di tempat lain. Ya, di sini ada pecel horog-horog yang sudah tenar seantero Jepara. Lantaran lokasinya berhadapan dengan kantor DPD Golkar, maka makanan ini dikenal dengan sebutan pecel DPD Golkar.

Menu pecel ini dicampur dengan olahan dari sagu khas Jepara yang diberi nama horog-horog. Rumah makan dengan nama Ringin Jaya ini berada di jalan Cokroaminoto, Jepara. Menu lainnya ada lontong, rumput laut, dan lainnya.

8. Bubur Cendol Mantingan

Bubur cendol Mantingan ini dibuat dengan cendol yang berukuran lebih kecil dari biasanya. Cendol ini lalu diicampur dengan bubur pati yang gurih dan manis. Lokasinya berada di Desa Mantingan, tepatnya di jalan Sultan Hadlirin, Jepara.

Rasa manis gurih membuat cendol ini asyik buat dinikmati. Saat terik matahari datang, segelas cendol Mantingan sungguh nikmat buat diminum. Dawet ini hasil olah kreatif Mbah Sanisih yang mencoba membuat resep baru. Ia mengkombinasikan cendol yang dibuat dari sagu aren dengan bubur pati.

9. Rumah Makan H. Ismun

Rumah Makan H. Ismun adalah tempat makan yang selalu ramai dikunjungi ketika orang melewati jalan Raya Jepara – Kudus. Lokasinya berada di Desa Krian, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Rumah makan ini didirikan oleh H. Ismun. Ketika H Ismun wafat usahanya diteruskan oleh keluarganya.

Tempat makan ini menyediakan beragam menu makanan. Mulai dari nasi rames, sop daging, ayam goreng, daging kerbau, telur, dan lainny. Tersedia juga makanan laut yang lezat.

10. Sriya Café Family Resto

Tempat ini dibuat untuk kaum milenial yang gemar menikmati menu makanan modern. Restoran ini menyediakan manggo kulfie, strawberry kulfie, chicken steak with potato’s crunch, dan combo sandwich.

Selain menu modern Sriya Café Family Resto juga menyediakan menu lokal, nasi goreng Matahari Jeparadise. Rasanya gurih dan lezat.Jika mau berkunjung sambangi saja cafe-nya di jalan Kusumo Utoyo, Homestay, Jepara.