Cerita Akhir Pekan: Nasi Telur Ceplok yang Bikin Pengunjung Rela Antre

Liputan6.com, Jakarta – Soal kuliner unik dan menarik, Indonesia memang tak ada duanya. Misalnya saja di Pontianak, Kalimantan Barat. Mereka memiliki segudang kuliner yang patut untuk dicoba. Salah satunya di Rumah Makan Ayong 999 yang berlokasi di gang Gajah Mada ini, termasuk tempat favorit wisatawan dan warga sekitar.

Uniknya, menu yang jadi favorit dan membuat tempat makan ini dikenal luas adalah nasi telur ceplok. Bahkan kuliner yang tampak sederhana ini bikin food vlogger sekelas Nex Carlos datang untuk mencicipinya. Nex Carlos adalah seorang pengecap makanan yang cukup terkenal.

Food vlogger yang punya tagline ‘Keliling Dunia untuk Makan ‘ itu memang suka berburu makanan unik. Akun Instagram maupun akun Youtube Carlos banyak jadi acuan warganet yang mencari tempat makan yang unik dan khas.

Dalam unggahan di akun Youtube nya pada 27 Februari 2018, Carlos sempat mencoba berbagai menu di Rumah Makan Ayong 999 di Pontianak. Menurutnya, menu makanan nasi dengan telur ceplok termasuk biasa saja, tetapi ia tak habis pikir kenapa bisa sampai sangat ramai.

Ditambah lagi, nasi yang disajikan tidak pulen karena digunakan juga untuk memasak nasi goreng. Namun ia mengakui telur yang disajikan terasa beda dengan yang dibuatnya sendiri di rumah.

“Ini ada bumbu rahasianya. Tadi aku lihat pas digoreng dimasukin bumbu kayak bawang putih gitu. Terus dikasih kecapnya pas telur lagi digoreng, bukan setelah disajikan,” tuturnya. Hasilnya adalah cita rasa yang unik lagi lezat.

“Ini benar-benar makanan akhir bulan. Jadi kalau besoknya mau gajian dan uang pas-pasan yang pesen ini saja. Seporsi cuma enam ribu rupiah,” sambung Carlos.

Untuk telurnya sendiri, kita bisa minta digoreng matang atau setengah matang. Hasilnya cita rasa yang unik lagi lezat. Saat dimasak, wajan besi diberi minyak tak terlalu banyak, setelah panas, barulah telor dipecahkan dan dibiarkan beberapa saat sampai agak beku pinggirnya.

Lalu ditambahkan bawang putih cincang yang sudah digoreng bersama minyak. Selanjutnya baru dilumuri kecap manis, diaduk sebentar kemudian telur ceplok diangkat. Nasi telur ceplok Pontianak pun siap disajikan.

2 dari 3 halaman

Cocok untuk Vegetarian

Nasi Telur Ceplok di RM Ayung 999 di Pontianak. (dok.Instagram @kulinerkotapontianak/https://www.instagram.com/p/BxjYGhgD0nb/Henry

Rumah makan ini kabarnya sudah ada sejak 1996, tapi makin ramai dan dikenal sejak diulas oleh Nex Carlos. Tak hanya nasi telur ceplok, rumah makan yang jadi tempat nongkrong anak muda ini juga menyediakan menu-menu lain seperti tauge sayur, nasi goreng telur, dan juga kwetiauw goreng telur.

Menu-menu yang disediakan pun bebas daging, jadi cocok buat para vegetarian yang masih mengonsumsi telur. Menurut Nex Carlos ada rasa khas dari nasi goreng di tempat tersebut. Selain banyak sayuran seperti sawi dan tauge, ada rasa ebi yang khas dan sepertinya jadi bumbu khas mereka.

Sedangkan untuk minuman yang paling khas adalah es jeruk nipis. “Jeruk nipis di Pontianak ini beda banget sama di tempat lain. Minuman ini yang paling top, ‘nggak ada obatnya’ (istilah khas Carlos untuk menu yang dianggap terbaik di sebuah tempat makan),” ujarnya.

Setahun setelah videonya viral, Carlos kembali datang ke Ayong 999. Kita bisa melihat videonya dalam unggahan di akun Instagramnya pada 17 Mei 2019. Ia mengatakan rasa masakannya tetap sama tapi bumbunya terasa lebih gurih.

Tempat makan ini buka dari sore hari sampai tengah malam. Tempatnya tidak begitu besar, jadi pengunjung harus rela antre kalau memesan dan menyantap makanan di tempat tersebut.

Para pengunjung bisa melihat secara langsung proses memasak dan sayur yang digunakan dalam keadaan segar. Anda berminat makan nasi telur ceplok ke Pontianak?

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: