Cerita Akhir Pekan: Makna Mudik Bagi Kamu?

Liputan6.com, Jakarta – – Lebaran tinggal beberapa hari lagi, sejumlah warga siap mudik ke kampung halaman mereka. Jelang Lebaran, maka istilah ini menjadi hal yang sangat sering diperbincangkan.

Dengan demikian, mudik selalu identik dengan Lebaran. Para perantau kembali ke kampung halaman, melepas rindu bersama bersama orang-orang tercinta, dan berkumpul dengan keluarga besar.

Tak sekadar bertemu, mudik punya makna yang sangat dalam. Itu tercermin dari perjuangan warga agar bisa mudik ke kampung halaman. Tak sedikit biaya yang mereka keluarkan untuk bisa pulang.

Para pemudik memiliki berbagai macam motif, seperti momentum untuk menziarahi orangtua atau keluarga, menziarahi makam keluarga dekat. Ada pula yang memanfaatkan libur Lebaran untuk mengurus kepentingan sosial ekonomi keluarga.

Mudik juga memiliki makna spiritualitas yang penting para pemudik. Mereka bisa merasakan kembali dunia masa lalu yang penuh kenangan, baik suka dan duka.

Selain itu, mereka dapat menyaksikan lekuk rumah orangtua sebagai tempat kelahiran mereka, bisa menatap lekat-lekat makam orangtua dan leluhur, dan mengunjungi keluarga, sahabat. Mudik Lebaran sangat bernuansa spiritual.