Cara Simpel Bersihkan Sisik Ikan yang Keras

Liputan6.com, Jakarta – Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah jadi berbagai masakan lezat nan menggugah selera. Di samping rasa yang enak, makanan satu ini juga dikenal kaya akan berbagai nutrisi baik untuk tubuh.

Seperti beberapa bahan lain, memasak ikan tak bebas dari tantangan. Hal-hal seperti bau amis, mudah meletup saat digoreng, juga pembersihkan sisik kadang jadi kendala tersendiri ketika memasak ikan.

Sementara bau amis ikan bisa diatasi dengan memberi perasaan air jeruk nipis, Anda bisa mengurangi letupan ikan goreng dengan mengurangi kadar minyak. Lalu, bagaimana cara membersihkan sisik ikan yang kadang bisa sangat keras?

Dirangkumkan Fimela.com, penggunaan air hangat disarankan untuk membersihkan sisik ikan. Caranya, rendam ikan di dalam air hangat yang telah diberi perasan air jeruk nipis dan sedikit taburan garam.

Rendam ikan kira-kira selama 5 menit, lalu mulai bersihkan sisik menggunakan pisau. Kerok sisik ikan dengan pisau yang agak dimiringkan. Letakkan ikan di atas talanan agar lebih mudah melakukan langkah ini.

Kemudian, cuci ikan di bawah air mengalir. Mencuci dengan cara ini memudahkan Anda tahu berapa besar bagian ikan yang sudah bersih dari sisik atau sebaliknya. Bersihkan sisik dengan hati-hati agar ikan tidak robek, apalagi hancur.