Cara Konsumsi Bawang Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta – Banyak orang akrab dengan aroma bawang putih. Bhaan satu ini sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk membuat hidangan lebih gurih. Bawang putih juga mengandung karbohidrat, protein komplek, vitamin, dan mineral.

Selain itu, bawang putih juga punya manfaat yang mungkin baru Anda tahu, yaitu menurunkan berat badan. Selain olahraga, Anda bisa mencoba rutin mengonsumsi bawang putih untuk bisa menurunkan berat badan.

Itu karena bawang putih dipercaya bisa mengatur metabolisme jadi lebih lancar. Dilansir dari NDTV, Kamis, 11 Juli 2019, bawang putih bisa membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi lemak pada perut.

Hal itu bisa terjadi karena kandungan vitamin B6 dan C, serat, mangan, dan kalsium. Bawang putih diketahui meningkatkan metabolisme secara alami. Kalau metabolisme lebih cepat, maka tubuh bisa membakar kalori dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, setidaknya ada lima cara tepat untuk mengonsumsi bawang putih demi menurunkan berat badan.

Makan Mentah

Makan bawang putih mentah setiap pagi akan efektif. Alasannya, saat pagi hari, metabolisme mencapai puncaknya. Pagi adalah saat yang tepat untuk menyantap bawang putih dan minum air untuk memudahkan masuk ke pencernaan.

Campur dengan Madu

Kalau Anda merasa ragu atau kurang suka makan bawang putih mentah, menambahkan madu bisa jadi opsi. Potong bawang putih dan campur dengan satu sendok teh madu. Coba konsumsi setiap hari dan lihat efeknya.

2 dari 3 halaman

Taburan Salad

Ilustrasi salad/copyright unsplash.com/@nadineprimeau

Anda juga bisa menggunakan irisan bawang putih di atas salad. Selain lebih gurih, serat dalam salad akan membuat metabolisme makin cepat.

Taburkan di Atas Sayuran

Memperbanyak konsumsi sayur juga bisa membantu menurunkan berat badan. Apalagi kalau ditambah taburan irisan bawang putih di atasnya. Dengan begitu, bawang putih tak begitu terasa pedas dan enak disantap.

Campurkan dalam Masakan

Tambahkan bawang putih lebih banyak takarannya dalam masakan. Potong lebih besar dan tambahkan dalam omelet, sup, semur, dan masakan lainnya. Anda bisa mengganti fungsi garam dengan bawang putih untuk menambah rasa gurih.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: