Bertandang ke Kalimantan Selatan, Ada 4 Makanan Khas yang Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta – Kalimantan Selatan salah satu provinsi di Kalimantan memiliki beragam budaya dan kuliner yang menggugah selera. Secara geografis provinsi ini berada di bagian tenggara Pulau Kalimantan.

Bertandang ke Kalimantan Selatan kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner yang memiliki ciri khas dan cita rasa unik. Berikut beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib Anda coba.

Soto Banjar

Salah satu kuliner khas Kalimantan Selatan yang paling populer adalah soto banjar. Soto ini memiliki cita rasa khas yang gurih dan menggugah selera. Popularitas kuliner ini membuat soto banjar bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia.

Mi Bancir

Jika di Aceh memiliki mi Aceh, di Kalimantan Selatan ada mi bancir. Sajian mi ini hampir sama dengan mi-mi lain di Indonesia. Mi bancir disajikan dengan kuah yang gurih dan lezat.

Katupat Kandangan

Berikutnya, makanan khas Kalimantan Selatan adalah katupat kandangan. Makanan ini berasal dari daerah Kandangan di Hulu Sungai Selatan. Katupat kandangan merupakan sajian ketupat yang disajikan bersama sayur gabus kuah santan.

Manday

Makanan lain yang perlu Anda coba adalah Manday. Makanan atau masakan ini terbuat dari kulit buah cempedak. Manday juga disebut sebagai mandai bacang atau dami. Makanan ini memiliki cita rasa khas yang gurih sekaligus manis tergantung bumbu rempah yang terkandung di dalamnya.

Selain makanan di atas, masih ada makanan lain yang sangat identik dengan Kalimantan Selatan antaranya kue Bingka, Pakasam, kerupuk ikan atau amplang, dan lain-lain. Penasaran ingin mencoba? (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: