Bawa Kesan Klasik pada Rumah Lewat Tumpukan Batu Bata Unik Multifungsi

Liputan6.com, Jakarta – Dinding adalah salah satu elemen penting yang bisa mendukung kenyamanan di rumah. Tak hanya berfungsi untuk menyangga bidang, dengan kreasi batu bata, dinding juga bisa menunjang keindahan ruang.

Salah satu produsen penyedia batu bata, Omahbata baru-baru ini memamerkan beragam variasi dan jenis bata ekspos di Pameran HOMEDEC 2019, di Jakarta. Jangan bayangkan batu bata yang biasanya hanya berwujud balok terakota, tetapi hadir dalam desain-desain yang cantik.

“Dari segi kualitas, bata ini memiliki tekstur yang lebih kuat dan sesuai dengan namanya batu bata ekspos, jadi memang kita khusus ekspos dan tidak diplester. Jadi, aksen natural dari batu bata ini kita tonjolkan dan benar-benar mengikuti konsep rumah yang diinginkan,” ujar Irwan, Divisi Desain Omahbata, kepada Liputan6.com, Kamis, 11 Juli 2019.

Batu bata ekspos bisa digunakan sebagai hiasan dinding agar menampilkan kesan klasik, tetapi tidak menghilangkan konsep kekinian. Selain itu, dapat juga digunakan dijadikan pagar rumah hingga kursi dengan gaya artistik.

Terinspirasi dengan model-model modern, batu bata ekspos didesain kekinian. Salah satunya yaitu batu bata roster atau lubang angin. Roster terkenal sebagai lubang angin untuk sirkulasi udara, namun Omahbata mengembangkannya dengan berbagai bentuk yang unik untuk menarik perhatian.

“Bata itu kan bahan dasar bangunan. Jadi, kita membuatnya berbeda  agar tidak hanya dipakai sebagai pondasi bangunan, namun juga digunakan sebagai aksen utama agar terlihat lebih hidup dan unik,” ujar Irwan.

2 dari 3 halaman

Jenis dan Harga

Berbagai Motif Roster Terakota Omahbata (dok.Liputan6.com/Devita Nur Azizah)

Ada dua jenis warna batu bata roster, yaitu warna terakota dan abu-abu (natural) yang terbuat dari bahan dasar semen. Roster juga memiliki berbagai motif seperti polkadot, kincir angin, pola silang anyam dan masih banyak lagi. Jika menginginkan warna yang berbeda, Anda dapat mengecat roster sesuai warna dengan yang diinginkan.

Mengusung konsep industrial, batu bata ekspos berhasil menarik berbagai pihak. Misalnya, studio di salah satu program televisi yang memakai batu bata tempel untuk memberikan kesan lebih hidup dan berwarna. Ada juga kafe di berbagai kota di Indonesia yang menggunakan batu bata roster untuk menjadi hiasan di kafenya.

Perawatan batu bata ini terbilang cukup mudah. Anda cukup melapisinya dengan pelapis antijamur sehingga tetap terjaga kebersihan serta kualitas batu bata.

Harga satuan untuk bata ekspos dibanderol mulai dari Rp800 hingga Rp7rb per buah, sedangkan untuk batu bata roster dimulai dari harga Rp10rb hingga Rp20rb. Berbeda dengan dua jenis batu bata ini, batu bata tempel dibanderol dengan harga Rp150rb–Rp285 ribu/m2.

Jika Anda berminat untuk medesain rumah dengan konsep natural dan klasik ini, Anda dapat membeli batu bata ini di workshop Omahbata yang berada di kawasan Jalan Ciputat Raya atau cabangnya yang berada di Tangerang. (Devita Nur Azizah)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: