Banyak Hiburan dan Pelajaran di Halbil Forum Silaturahmi Keraton Nusantara

Liputan6.com, Jakarta – Usai lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, banyak diadakan acara Halalbihalal (Halbil). Banyak orang yang memanfaatkan momen tersebut untuk reuni, seperti halnya desainer Anna Mariana. Suasana hangat dan meriah terlihat di Lagoon Garden di Hotel Sultan, Jakarta, 24 Juni 2019.

Anna yang sudah menghadiri sejumlah acara, ikut menghadiri acara Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) . Suasana hangat dan meriah terlihat sangat terasa dalam acara yang diadaka di Lagoon Garden di Hotel Sultan, Jakarta, 24 Juni 2019.

Mereka menyelenggarakan Halalbihalal, dengan tema “Merajut Persatuan Bangsa dalam Kebhiekaaan Tunggal Ika”. Konsep acara dibuat sangat menghibur. Ada musik yang menampilkan solo biola dari Tengku Rio. Ada Yuni Shara yang membawakan lagu-lagu era 90-an.

Ada juga penyajian mars baru FSKN, lalu tausiah, juga fashion show yang memamerkan karya teun dan songket terbaru dari Anna Mariana. Anna sendiri merupakan Ketua Pelaksana Halalbihalal sekaligus dewan Pakar FSKN .

Sejumlah tamu yang hadir di antaranya adalah Menpora Imam Nahrawi, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, da mantan Kapolda Lampung Irjen Ike Edwin.

Mereka duduk berbaur dengan Ketua FSKN Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, SE, Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha, SH, MS, MSc dan isterinya, Anna Mariana. Mereka juga duduk bersama lebih dari 100 raja-raja dari seluruh Nusantara yang memakai pakaian tradisional dari daerah mereka masing-masing.

Melihat suasana tersebut, Menpora Imam Nahrawi dalam pidato sambutanya langsung memberi pujian. “Terima kasih buat panitia. Saya melihat acara ini luar biasa. Mulai dari pintu depan, suasana sudah dibangun dengan baik. Ada penerima tamu dengan berkostum daerah, ada musik dengan solo biola, dan semua terlihat betul betul menggembirakan,” tuturnya.

2 dari 2 halaman

Momen Memperkuat Silahturahim

Anna Mariana di acara Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. foto: istimewa

Imam mengaku bersyukur bisa hadir dalam acara ini. “Terasa ada energi yang sangat luar biasa. Sesungguhnya NKRI bisa berdiri kokoh, adalah karena keihlasan, ketulusan para raja raja di seluruh tanah air. Sekarang, kita bisa menghirup udara merdeka, berkat jasa para raja dan sultan, karena itu kita wajib meneruskan perjuangan mereka!” ucapnya lagi.

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat, SE, menyebut Halalbilal ini sebagai momentum mempererat silaturahim FSKN dan mempersatukan budaya Indonesia.

“Raja dan sultan se-nusantara, menjadi benteng budaya, yang bertanggung jawab mengajak seluruh masyarakat bergotong royong membangun bangsa ini, terutama setelah momen pemilu usai,” ujarnya.

Dengan selesainya pemilu 2019, Sultan Sepuh mengajak semua komponen bangsa yang saat ini terpolarisasi untuk kembali bersatu.

“Kita harapkan pemilu sudah selesai mari kita hadapi ke depan untuk bersatu kembali!” pungkasnya dalam acara yang dipimpin oleh Anna Mariana itu.