Apa yang Terjadi Bila Makan Protein Terlalu Banyak?

Liputan6.com, Jakarta – Makan makanan mengandung protein seperti susu dan daging masuk ke dalam makanan empat sehat lima sempurna. Tak lengkap rasanya gizi Anda bila tak konsumsi protein.

Namun, banyak orang yang mencoba untuk melakukan diet tinggi protein untuk alasan kecantikan. Nyatanya, tahukah Anda apa sebenarnya bahaya di balik terlalu banyak makan protein?

Berikut Liputan6.com merangkum enam bahaya konsumsi protein terlalu banyak yang dilansir dari Health Line, Rabu, 10 April 2019.

1. Berat Badan Bertambah

Diet tinggi protein mungkin akan membuat berat badan turun, nyatanya hanya sebentar. Bila Anda banyak makan protein, kelebihannya akan disimpan sebagai lemak. Berat badan pun tanpa diketahui bisa bertambah. Jadi, jangan salah dalam memilih cara diet Anda.

2. Bau Mulut

Makan protein dalam jumlah banyak pun dapat menyebabkan bau mulut. Apalagi bila mengurangi asupan karbohidrat. Agar tidak bau berlebihan, perbanyaklah konsumsi air, sikat gigi lebih sering, dan kunyah permen karet.

3. Sembelit

Diet tinggi protein membatasi karbohidrat menyebabkan rendah serat. Akibatnya, sembelit pun tak bisa dihindari. Cara yang dapat Anda lakukan ialah minum air yang banyak dan konsumsi makanan yang mengandung banyak serat.