Anna Wintour Buka Suara Soal Sampul Kontroversial yang Memuat Kim Kardashian-Kanye West

Liputan6.com, Jakarta – Anna Wintour angkat bicara tentang keputusan memuat figur Kim Kardashian dan Kanye West di sampul majalah Vogue Amerika Serikat pada 2014. Kala itu, keputusan Anna menuai kontroversi dan membuat tak sedikit pembaca mengkritiknya.

Di momen majalah fashion itu terbit, Kim dan Kanye tengah menghitung mundur hari pernikahan mereka, di mana jaraknya kurang lebih dua bulan. Diam selama arus kritik deras mengalir, Anna akhirnya buka suara di trailer MasterClass terbaru.

“Ada waktu-waktu di mana Anda tahu kapan harus melanggar aturan,” kata Anna.

Ia mengaku sadar benar bahwa keputusan memuat Kim dan Kanye West akan menimbulkan kontroversi. Tapi, silau lampu sorot yang mengarah pada Kim dan Kanye di waktu itu membuat Vogue, menurut Anna, akan melakukan kesalahan besar bila tak memuat keduanya.

“Anda memimpin, bukan mengikuti, dan ini adalah pelajaran penting yang harus selalu diingat,” tambah perempuan yang sudah menjabat jadi editor-in-chief Vogue sejak 1988 tersebut.

Ketika kontroversi merebak, Anna mengaku sangat hati-hati memilih siapa yang akan jadi sampul majalah. “Bila kita hanya akan terus memiliki selera berat dan meletakkan orang yang sama sebagai sampul majalah, edisi itu akan sangat membosankan,” tuturnya.

Membuktikan dirinya memiliki antisipasi, Anna Wintour menceritakan ulang soal selebriti pertama yang ia muat sebagai sampul Vogue adalah Madonna. “Ia dulunya adalah figur yang sangat kontroversial. Sekarang, ia sudah jadi bagian dari lingkungan kebanyakan orang,” kata Anna.

2 dari 3 halaman

Dinamika Citra Kim Kardashian

Kim Kardashian (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Kembali ke 2014, Kim Kardashian belum dipertimbangkan secara serius di dunia fashion. Label ‘orang luar’ sempat disematkan lantaran Kim meraup kepopuleran sebagai bintang reality show.

Faktanya, melansir dari Buzzfeed, Rabu (11/9/2019), di tahun 2013, Kim hadir di Met Gala untuk kali pertama sebagai pendamping Kanye. Ia kemudian mengungkap bahwa dirinya pulang dan menangis dari acara tersebut karena merasa tak disambut baik.

Tapi, seiring waktu, Kim mulai memantapkan namanya di dunia fashion. Ia bahkan mulai melebarkan sayap dengan berbisnis di bidang kecantikan. 

Sekarang, Kim sudah acap kali memakai deretan busana desainer ternama dan telah jadi figur tunggal di sampul Vogue di beberapa kesempatan. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: