Ani Yudhonoyo dan Deretan Hasil Jepretan Kameranya

Liputan6.com, Jakarta – Terselip di antara banyak peran, mulai dari istri, ibu, nenek, dan mantan ibu negara, figur Ani Yudhoyono juga dikenal publik sebagai perempuan penggemar fotografi. Disertai caption sederhana, istri presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ini sering kali membagikan hasil jepretan kameranya.

Ya, lewat deretan unggahan di akun Instagram-nya, @aniyudhoyono, perempuan 66 tahun ini acap kali memperlihatkan sudut pandangnya dari balik viewfinder. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya yang sudah dirangkumkan Liputan6.com.

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BsrqCANB_ZO/Asnida Riani)

Sebagai fotografer, Ani tertarik mengabadikan momen-momen yang tak setiap hari dipandang mata. Seperti di potret di atas, ia tampak membekukan waktu saat kedua rusa beradu tanduk. Berdasarkan keterangan yang dituliskan, foto ini diambil Ani di Istana Bogor tahun 2010.

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BsCwBbxhLSS/Asnida Riani)

Masih tentang momen, Ani Yudhoyono juga kedapatan mengabadikan rupa metropolitan penuh gedung penggapai langit bermandikan cahaya fajar. Ini merupakan pemandangan matahari terbit di hari terakhir pada tahun 2018.

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BrAJRh1hHoo/Asnida Riani)

Ia pun jeli mengabadikan momen dengan manusia sebagai objek. Seperti foto di atas, ia mem-frame momen kebersamaan sang putra, Edhie Baskoro Yudhoyono, dengan putri bungsunya, Gayatri Idalia Yudhoyono, dengan ekpresi wajah lucu keduanya.

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BpLWg_SBoIV/Asnida Riani)

Tak hanya Ibas dan Gaia yang jadi sasaran foto Ani. Di momen lain, giliran kebersamaan sang sumi dan cucu mereka yang menarik Ani untuk membidik pemandangan tersebut. Putra Ibas terlihat bersandar manja pada pepo, panggilan SBY oleh cucu-cucunya.

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BsrqCANB_ZO/Asnida Riani)

Tak hanya momen-momen ‘aman’, Ani juga pernah kedapatan menjepret foto memperlihatkan mobil tengah melintasi Jembatan Suramadu. “Bila fotografer sudah beraksi, sering lupa keselamatan diri. Hanya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, saya yakin kakinya dipegangi oleh temannya,” tulisnya di keterangan foto. 

Hasil jepretan Ani Yudhoyono. (dok. Instagram @aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/BfcN94DjJgD/Asnida Riani)

Serenity dihadirkan Ani Yudhoyono di foto lanskap di atas. Berdasarkan keterangan foto yang dituliskan, potret ini memuat julangan Gunung Salak dengan hamparan hijau pepohonan dan rerumputan di muka.

Saksikan video pilihan di bawah ini: