Alasan Bulu Kuduk Merinding Saat Mendengar Lagu Bagus

Liputan6.com, Jakarta – Ada alasan khusus yang membuat bulu kuduk kita merinding. Bukan saja saat ketakutan atau kedinginan, tapi bisa juga saat mendengarkan lagu. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Saat sedang mendengakan lagu bagus, entah saat di konser atau sedang menikmati lagu sendirian dari ponsel atau komputer, tiba-tiba saja bulu kuduk merinding. Ada sensasi yang berbeda begitu mendengarkannya.

Bulu kuduk merinding kerap dikaitkan dengan reaksi kita terhadap udara dingin atau rasa takut. Meski begitu saat mendengar lagu bagus pun, bulu kuduk kita juga bisa merinding.

Dilansir dari thehealthy.com, hal itu ternyata ada kaitannya dengan struktur otak kita.Kalau lagu bagus membuat bulu kuduk merinding, korteks auditori dalam otak kita dan pusat pemrosesan emosi otak kita memiliki lebih banyak serat yang saling menghubungkan.

Ini jadi di salah satu tanda kalau kita memiliki emosi yang lebih luas dan intens. Meski penelitian ini masih dalam tahap awal, tapi penulis penelitian tersebut, Matthew Sachs berpikir hal ini bisa dikembangkan jadi hal yang lebih positif.

Dia berharap penemuan tersebut bisa memberi dampak pada perawatan gangguan depresi. Mendengarkan musik bisa jadi alternatif untuk meredakan depresi. Musik pun dapat membuat kita langsung merasa bahagia. Kalau ada lagu bagus yang langsung memberi sensasi yang bikin merinding, biasanya perasaan kita akan membaik setelah mendengarnya.

Jika saat ini sedang bad mood atau sedang ingin merilekskan pikiran, coba cari lagu bagus sesuai selera Anda. Dengarkan dan nikmati. Semoga hari Anda bisa lebih cerah dari sebelumnya. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: