Alasan Berat Badan Tak Turun-Turun Meski Rutin Olahraga

Liputan6.com, Jakarta – Punya bentuk tubuh ideal dan sehat tentu jadi keinginan setiap orang. Kalau kita merasa tubuh kita kurang ideal, biasanya kita berusaha menurunkan berat badan. Untuk mencapai hal tersebut, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, seperti diet dan menjalani pola makan dan hidup sehat.

Selain itu menjalani olahraga rutin juga sangat penting dan dianggap jadi pilihan tepat. Namun bagi beberapa orang, olahraga ternyata tak lantas membuat berat badan turun. Apa penyebabnya?

Menurut peneliti obesitas Alexxai Kravitz, banyak orang yang belum memahami proses pembakaran kalori ekstra. Dilansir dari Misskyra, 17 Juni 2019, menurut Alexxai, tubuh mengeluarkan energi yang berasal dari pembakaran kalori dengan tiga cara berbeda.

Pertama, tingkat di mana tubuh benar-benar membakar kalori untuk menghasilkan energi. Dua, energi yang digunakan untuk fungsi dasar tubuh. Dan ketiga, energi yang digunakan dalam aktivitas fisik.

Dari ketiga cara tersebut, energi kita paling banyak digunakan untuk fungsi dasar tubuh. Lalu diikuti oleh aktivitas fisik seperti berolahraga. Dan paling sedikit digunakan untuk memecah makanan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Olahraga

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Selain itu, semua energi yang dibutuhkan tubuh berasal dari makanan yang dimakan. Namun, olahraga hanya menggunakan 10 sampai 30 persen dari keseluruhan energi kita.

Faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat ingin menurunkan berat badan adalah ketika Anda merasa sudah cukup membakar kalori dan ingin beristirahat.

Saat Anda akan semakin mengurangi aktivitas fisik makan mengurangi konsumsi energi lebih banyak lagi. Walaupun berolahraga mungkin bukan cara ampuh untuk menurunkan berat badan, tapi tetap punya manfaat lain untuk kesehatan.

Menurut dokter obesitas Yoni Freedhoff, berolahraga membantu mencegah kanker, meningkatkan tekanan darah, kolesterol dan gula. Hal-hal semacam itu bisa membuat Anda lebih fokus, semangat dan bahagia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: