7 Spot Foto Instagrammable di Solo yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta – Dengan kehadiran media sosial, setiap orang seolah berlomba-lomba untuk mempercantik halaman media sosialnya. Mulai dari segi konten hingga gambar yang diunggah. Bagi Anda yang hobi berburu lokasi foto untuk menyegarkan tampilan galeri media sosial, ada rekomendasi tempat wisata menarik di Solo, Jawa Tengah.

Setidaknya ada tujuh spot foto Instagrammable di Solo ini yang wajib Anda kunjungi. Jangan lupa untuk booking hotel di Solo sekalian, karena sehari saja tidak cukup untuk menikmati Kota Solo yang menawan ini.

Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg merupakan bangunan peninggalan Belanda yang masih ada sampai sekarang. Tepat ini memiliki desain arsitektur bergaya vintage, sehingga bisa menjadi lokasi berfoto yang pas terutama bagian gerbang masuk yang menjadi lokasi favorit pengunjung.

Untuk menambah kesan dramatis, Anda bisa melakukan editing sebelum mengunggahnya ke halaman media sosial. Kalau tertarik berkunjung, datang saja ke kawasan Gladak, Solo.

Koridor Gatsu

Di siang hari, Koridor Gatsu merupakan kawasan pertokoan yang menjadi salah satu pusat ekonomi Solo. Namun, begitu malam tiba, Koridor Gatsu pun berubah menjadi lokasi berfoto yang instagenic.

Di kawasan ini Anda bisa melihat gambar mural warna-warni yang cantik. Kabarnya, mural tersebut merupakan hasil kreasi dari komunitas street art setempat.

Transformers Park

Selain nuansa lokal, ada kawasan wisata bernunasa global yaitu Transformers Park. Lokasinya memang bukan tepat di kota Solo, tapi jarak Transformers Park dari pusat kota hanya memakan waktu sekitar 20 menit perjalanan ke arah Kabupaten Sukoharjo.

Tempat ini termasuk spot selfie kekinian yang digemari oleh milenial. Sedangkan daya tarik utama dari objek wisata ini adalah tumpukan dumptruck tua berwarna kuning yang mampu menciptakan nuansa nyentrik, unik, sekaligus antik.

Waduk Cengklik

Ingin berburu lokasi foto dengan tema alam? Anda bisa mengunjungi Waduk Cengklik yang berada sekitar 36 menit berkendara dari pusat kota Solo ke arah Boyolali.

Bagi masyarakat setempat, tempat ini dikenal sebagai objek wisata dengan pemandangan indah, apalagi ketika sunset dan surise. Tak jarang, beberapa pengunjung rela datang di pagi dan sore hari untuk berburu keindahan sunset dan sunrise Waduk Cengklik yang memesona.

2 dari 2 halaman

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan di Solo. (foto: Instagram @pesonasolo)

Satu lagi kawasan di kota Solo yang mampu memberikan nuansa vintage, Kampung Batik Laweyan. Solo memang identik dengan batik. Selain dikenal sebagai sentra pengrajin batik di Solo, ternyata kawasan ini punya beragam sudut tersembunyi bernuansa sejarah nan antik yang bisa dijelajahi.

Di antara banyak lokasi, gang bernama ‘Ndalan Cilik’ mampu menarik perhatian pengunjung dengan ornamen bercorak batik yang terpasang di sepanjang gang.

Gunung Sepikul

Anda pernah dengar nama Gunung Api Purba di Jogja? Kalau diperhatikan, Gunung Sepikul memiliki karakteristik yang sama dengan Gunung Api Purba. Dan inilah yang membuat tempat ini begitu menarik.

Dari ketinggian, Anda bisa menyaksikan pemandangan bukit breksi gunung api yang berdiri kokoh di antara hijaunya pepohonan. Di lokasi yang sama Anda juga bisa menikmati suasana senja dan matahari terbit yang menawan.

De Tjolomadoe

De Tjolomadoe merupakan kawasan bekas pabrik gula yang berada di Kabupaten Karanganyar. Sebelum menjadi lokasi foto favorit milenial, bangunan ini dulunya tak terawat dan penuh dengan legenda urban.

Saat ini, setiap sudut De Tjolomadoe terlihat indah untuk berfoto. Dari Kota Solo, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 20 menit berkendara sebelum tiba dilokasi.

Anda tertarik untuk mengunjungi 7 objek wisata instagenic di atas? Jangan lupa pesan hotel di Solo mulai dari sekarang karena ke tujuh lokasi tersebut tak akan cukup bila dijelajahi dalam satu hari saja.

Untuk menghemat biaya akomodasi, Anda bisa mencari penginapan murah melalui aplikasi Airy Rooms. Selain menawarkan kemudahan transaksi, fasilitas menginap yang disediakan Airy Rooms terbilang lengkap,. Selamat berlibur!