6 Tips Mudah Merawat Freezer di Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Biasanya, persediaan bahan makanan disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama. Salah satu bagian dari kulkas ini mampu membekukan bahan makanan sehingga bakteri pembusuk susah menembusnya.

Freezer harus digunakan dan dirawat dengan cara yang benar supaya performanya tidak menurun. Makanan pun jadi lebih awet dan aman dikonsumsi Anda dan keluarga. Bagaimana caranya? Dekoruma akan membagikan tips ampuh yang bisa Anda ikuti berikut ini.

1. Jauhkan Freezer dari Sumber Panas

Jika freezer diposisikan bersebelahan atau dekat dengan sumber panas seperti kompor atau oven, kinerjanya dalam membekukan makanan akan terganggu. Freezer jadi bekerja lebih ekstra dan berujung pada kerusakan dini.

2. Simpan Bahan Makanan dalam Wadah Tertutup

Sebelum memasukkan bahan makanan dalam freezer, bahan makanan harus ditaruh dalam wadah tertutup seperti kotak makanan atau plastik berklip. Keawetan makanan akan lebih meningkat dan freezer tertata lebih rapi.

3. Pisahkan Jenis Makanan Berbeda

Agar tingkat kehigienisan antarmakanan tetap terjaga, jangan gabungkan satu jenis makanan dengan yang lainnya dalam satu wadah. Simpan daging sapi, unggas, dan ikan di wadah terpisah. 

Saat Anda ingin membekukan pisang, kupas kulitnya terlebih dulu. Masukkan ke dalam tempat tertutup. Jika pisang disimpan dengan kulitnya, kulitnya tidak tahan udara dingin dan justru membuat pisang cepat busuk.

Jika Anda ingin menyimpan sisa lauk makan siang atau makan malam, panaskan terlebih dulu dan tunggu hingga dingin. Kemudian, simpan dalam kotak makanan di freezer.

2 dari 2 halaman

4. Atur Peletakan Makanan

Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Demi memudahkan Anda dalam mengambil bahan makanan yang diinginkan, wadah makanan harus ditata dengan rapi. Selain itu, penataan yang teratur bisa memperkecil jumlah udara panas yang masuk dari luar freezer saat Anda mengambil bahan makanan. Dengan begitu, proses pembekuan yang dilakukan freezer bisa lebih efisien.

5. Pasang pada Suhu -18°C

Menurut US Food and Drug Administration (FDA), makanan harus disimpan di freezer pada suhu -18°C karena kemungkinan bakteri berkembang biak akan sangat kecil.

Namun, bila makanan sudah terkena bakteri jahat sebelum dimasukkan ke freezer, bakteri tersebut tetap bisa hidup. Cek suhu freezer seminggu sekali menggunakan termometer.

6. Penuhi Freezer

Freezer yang penuh bahan makanan justru bisa mempertahankan suhu dingin yang sudah ada daripada freezer yang masih kosong. Pada akhirnya, suhu freezer akan tetap optimal meskipun udara panas masuk saat Anda sedang membukanya. Sisakan celah-celah antara wadah makanan agar sirkulasi udara dingin tetap lancar.