6 Tanda Pria Berkualitas yang Layak Dijadikan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta – Pria sejati dan berkualitas menjadi dambaan setiap wanita. Sering kali seorang wanita memilih pria yang berkualitas, padahal belum tentu tipe tersebut menjadi orang yang cocok untuk dirinya. Tapi, ada beberapa tanda pria yang bisa kamu jadikan acuan apakah pria tersebut bisa jadi pasangan terbaik mu atau tidak.

Seorang coach percintaan, Jose Aditya membeberkan enam hal tanda pria berkualitas lewat chanel Youtube yang diunggah pada 19 Juni 2019. Liputan6.com merangkumnya untuk Anda, Senin, 22 Juli 2019.

1. Perilakunya Konsisten dan Kongruen

Seorang pria yang berkualitas akan memiliki sifat yang konsisten, artinya tidak berubah-ubah, termasuk dalam percintaan. Pria yang berkualitas akan selalu konsisten dan serius jika menjalankan sesuatu seperti halnya menjanjikan wanita untuk menikah.

Selanjutnya, kongruen adalah apa yang dikatakan pria selaras dengan tindakannya. Jika seorang pria mengatakan ingin serius terhadap wanita, ia akan menunjukkan perilaku yang menuju ke arah yang lebih serius dan bukan sebaliknya.

Contohnya, jika pria berbicara ingin menikahi kamu, ia akan datang menemui orangtua untuk melamar ataupun melakukan pendekatan. Hal ini sudah menjadi salah satu bukti bahwa pria tersebut benar-benar serius dengan kamu.

2 dari 7 halaman

2. Memiliki Visi dan Tujuan yang Jelas

Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: Kelas Cinta)

Biasanya, seorang pria yang berkualitas memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam hidupnya. Pria dengan tipe seperti ini tidak hanya berkerja dan menghasilkan uang saja, namun juga memperhatikan tujuan dari dirinya bekerja.

Pria dengan tipe ini juga telah menyiapkan berbagai misi untuk masa depannya. Jika kamu menemukan pria dengan sifat tersebut dan selaras dengan perilakunya, pria tersebut bisa dipastikan pria berkualitas.

Salah satu contohnya, ada pria yang memiliki tujuan ingin bermanfaat bagi orang lain. Ia akan menunjukkan berbagai sikap seperti mengikuti bakti sosial atau berkontribusi dengan suatu yayasan.

Jika kamu bertemu dengan pria yang memiliki visi dan tujuan yang jelas, ke depannya akan lebih terarah. Kamu akan mengetahui apakah tujuan hidup kamu cocok dengan dirinya, sehingga akan mudah untuk disatukan.

3 dari 7 halaman

3. Terus Bertumbuh

Tak hanya fisik, ada beberapa aspek lain yang bisa membuat pria jatuh cinta padamu. Penasaran? (foto: shutterstock.com)

Hal selanjutnya yang menyatakan pria memiliki sifat berkualitas adalah terus tumbuh tanpa adanya kamu. Jika ada pria yang karirnya meningkat, karakternya jadi lebih baik, dan skill-nya bertumbuh dari tahun ke tahun, pria ini dapat dikatakan berkualitas.

Pria berkualitas biasanya akan punya kebiasaan untuk meningkatkan kualitasnya, contohnya seperti kemampuan. Setiap tiga bulan sekali orang yang berkualitas akan menguasai lebih dalam kemampuan dari dalamnya dirinya. Jika kamu tidak menemukan karakter ini pada pria yang kamu sukai, sebaiknya kamu waspada. 

4 dari 7 halaman

4. Menuntun Kamu untuk Berkembang

ilustrasi pasangan/Photo by Ivandrei Pretorius from Pexels

Seorang pria yang berkualitas dapat dilihat dari caranya menuntun kamu untuk mencapai berbagai impian. Pria dengan tipe ini akan mendorong kamu untuk terus bertumbuh dan berkembang seperti halnya dirinya.

Biasanya, seorang pria yang berkualitas akan sadar dan mengajak kamu untuk terus bertumbuh agar tidak ketinggalan dari dirinya. Ia akan memotivasi kamu dengan cara menuntun dan bukan menuntut, sehingga impian kamu dapat terwujud dengan baik.

Pria ini biasanya akan mendorong kamu keluar dari zona nyaman dan memberikan saran dari berbagai permasalahan yang kamu hadapi. Jika kamu bertemu dengan tipe seperti ini, Kamu sudah menemukan pria yang berkualitas.

5 dari 7 halaman

5. Terbuka akan Keburukan

ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Biasanya pria berkualitas akan mengungkapkan sifat buruk yang ia miliki. Ketika ada pria yang bisa mengakui kesalahan dan meminta pendapat kamu, bisa dipastikan bahwa pria ini adalah orang yang berkualitas.

Hal ini dapat terlihat karena keterbukaannya terhadap masa lalu ataupun sifat pribadi miliknya yang belum diketahui orang. Pria tipe ini akan mudah untuk bertumbuh dan mengubah dirinya untuk jadi lebih baik.

Selain itu, pria yang menceritakan keburukan dirinya pada kamu itu artinya ia percaya dengan kamu dan memperlakukan diri kamu sebagai pasangannya. Jika kamu menemukan pria terbuka, ini menjadi pertanda baik bagi hubungan kamu ke depannya.

Saat pria menjadi lebih terbuka dengan dirimu, segala permasalahan yang ada di dalam hubungan dapat terselesaikan dengan baik karena adanya keterbukaan.

6 dari 7 halaman

6. Memperlakukan Kamu sebagai Patner dan Peduli

Ilustrasi pasangan jalan bersama (iStockphoto)

Ciri pria berkualitas yang terakhir adalah ia yang menganggap kamu sebagai rekannya. Pria dengan tipe ini akan selalu melibatkan kamu dalam keputusan yang penting dan selalu dimintai saran olehnya.

Pria berkualitas biasanya akan peduli dan konsisten memperhatikan segala yang kamu butuhkan. Ia akan selalu mengekspresikan dan memberikan penghargaan bahwa dirinya beruntung memiliki kamu.

Jika kamu menemui pria yang memperlakukan kamu sebagai patner dan peduli dengan kamu, sudah dipastikan pria ini sangat berkualitas. Untuk kamu yang bertemu dengan pria tipe ini, maka jangan pernah buat dia hilang dari hidupmu. (Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: