6 Minuman Tradisional Indonesia yang Tak Kalah Segar dari Olahan Boba

Liputan6.com, Jakarta – Minuman boba makin populer belakangan ini. Beragam kedai yang menjual minuman khas Taiwan yang berciri bola-bola kecil kenyal khas Taiwan itu bermunculan dengan beragam varian rasa.

Padahal, minuman tradisional Indonesia tak kalah enak dan menyegarkan. Rasanya variatif dengan isian yang beragam, tergantung tempat minuman itu berasal.

Apa saja minuman khas Indonesia yang patut dicoba sebagai pengganti boba? Liputan6.com merangkum enam di antaranya, dikutip dari berbagai sumber.

1. Es Cendol

Siapa yang tak kenal minuman yang satu ini? Minuman berbahan dasar tepung beras ini berasal dari tanah Jawa. Bila warga Jawa Barat mengenalnya sebagai es cendol, warga Jawa Tengah, khususnya Banjarnegara, menyebutnya es dawet.

Perpaduan antara cendol, kuah santan, gula merah, dan es batu sangat cocok diminum saat cuaca sedang terik. Ada pula yang menambahkan potongan nangka sebagai penyedap dan penambah tekstur pada cendol.

2. Es Doger

Jika menyukai kelapa, minuman ini cocok untuk Anda. Minuman asli Garut ini berbahan dasar parutan kelapa dan susu yang dicampur dengan bahan lain seperti alpukat, tapai, dan ketan hitam dapat membuat mulut Anda tidak berhenti mengunyah. Kenyal-kenyalnya tak kalah dari boba.

2 dari 4 halaman

3. Es Pisang Ijo

Nikmati segarnya pisang ijo yang berani beda ini. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Pisang merupakan salah satu buah yang dapat diolah dengan berbagai macam cara, salah satunya menjadi es pisang ijo ini. Minuman khas Makassar ini menggunakan bahan dasar pisang ambon, pisang raja, atau pisang kepok yang sudah matang.

Pisang lalu dibalut dengan adonan tepung beras yang kemudian dicampur dengan santan serta air daun pandan. Minuman lalu disajikan dengan kuah santan encer dan es batu sehingga cocok untuk diminum untuk melepas dahaga.

4. Es Selendang Mayang

Minuman ini berasal dari Jakarta. Bahan dasar dari es selendang mayang adalah tepung hunkwe dan disajikan dengan santan serta saus gula. Rasa manis dan gurih dari es ini akan menyegarkan kehausan Anda.

3 dari 4 halaman

5. Es Podeng

Es Podeng Chocomalt Coffee. (Foto: Kokiku Tv)

Dikutip dari laman Indonesiakaya.com, nama podeng kemungkinan diambil dari Bahasa Belanda yang berarti putar. Hal itu merujuk pada proses pembuatan es yang diterapkan, yakni menggunakan mesin yang terus menerus berputar.

Meski terkenal di Jakarta, es tradisional Indonesia diyakini dibawa pedagang asal Garut. Es podeng ini memberikan sensasi kesegaran dengan berbagai bahan di dalamnya seperti roti, kacang tanah, dan agar-agar.

6. Es Le Boh Timun

Berpindah ke minuman khas Aceh, minuman satu ini memiliki citarasa yang unik dan menyegarkan karena berbahan dasar timun dilengkapi air es dan perasan jeruk nipis. Segelas es le boh timun ini dapat melepas dahaga Anda saat berada di cuaca yang panas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: