6 Menu Satai Unik dari Penjuru Nusantara di Arena Festival Jajanan Bango 2019

Liputan6.com, Jakarta – Satai menjadi salah satu kuliner paling populer di Festival Jajanan Bango (FJB) 2019. Ada 10 stand penjual yang dibuka dengan menu utama olahan daging bakar tersebut di acara yang digelar hingga hari ini, Minggu (17/3/2019).

Dari sekian banyak pilihan, Liputan6.com merangkum enam menu satai yang sayang untuk dilewatkan. Meski namanya satai, wujudnya beragam dan rasanya berbeda satu sama lain. Bahkan, beberapa jarang kita temukan di pasaran. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Sate Kuah Pak H. Diding, Jakarta

Menjadi salah satu kuliner langka yang dihadirkan di arena ini, satai ini ternyata sudah dijual sejak 1960. Satai kuah ini menggabungkan satai sapi dengan Soto Tangkar khas Betawi.

Potongan daging sapi yang tebal dan soto berkuah santan langsung menerbitkan selera makan. Jangan khawatir tak kenyang karena seporsi Sate Kuah Pak H Diding dilengkapi nasi putih bertabur bawang goreng.

Soal rasa, jangan khawatir tak puas. Pasalnya, satai kuah ini juga pernah ikut mengharumkan nama Indonesia di World Street Food Congress di Singapura pada 2013 lalu.

2. Sate Kuah Pontianak

Meski sama-sama satai kuah, Sate Kuah Pontianak punya perbedaan nyata pada jenis kuahnya dengan satai sebelumnya. Kuahnya bening dengan bumbu rempah yang didominasi cengkih dan kapulaga.

Daging yang digunakan untuk satai ini adalah daging sapi. Potongannya cukup mengenyangkan pengunjung FJB 2019 yang datang. Bila dimakan terpisah dari kuah, rasa satai ini sama seperti satai bumbu kacang biasa. Tapi bila dicampur kuah, rasanya mengingatkan pada ketoprak. Penasaran?

3. Sate Maranggi Tukang Masak

Kembali menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, satai ini memiliki ciri khas pada bumbunya. Yaitu, sambal kecap dengan potongan bawang dan cabai rawit, bukan saus kacang seperti satai Madura.

Satai khas Purwakarta ini memiliki tekstur daging empuk yang membuat peminatnya tak pernah putus. Warna kecoklatan dihasilkan dari rendaman bumbu dan rempah yang cukup lama. Anda bisa menikmatinya dengan nasi putih atau lontong.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Foto Luna Maya mengenakan hijab itu turut mengundang perhatian warganet. Banyak dari mereka yang mendoakan agar wanita kelahiran Denpasar tersebut dimantapkan hatinya untuk terus mengenakan hijab.