6 Manfaat Bunga Kecombrang yang Baik untuk Kelancaran ASI dan Kulit

Liputan6.com, Jakarta – Bunga kecombrang atau nama aslinya Etlingrea elatior mudah ditemukan di Indonesia. Bunga ini banyak dijadikan campuran dalam makanan untuk menambah kekayaan rasa.

Rasanya yang unik yaitu agak asam seperti lemon dan pedas seperti jahe. Aromanya pun mirip dengan daun sereh. Di Bali, bunga kecombrang biasa dijadikan campuran ke dalam sambal matah. Di Banyumas, bunga ini dijadikan campuran dalam pecel.

Tak hanya sekedar dijadikan bahan makanan, bunga kecombrang juga memiliki segudang manfaat. Bunga kecombrang mengandung seng, magnesium, kalsium, fosfor, dan zat besi kalium. Berikut enam manfaat kecombrang yang dilansir dari Dr. health Benefits, Sabtu 25 Mei 2019.

1. Membersihkan Darah

Darah kotor yang ada di dalam tubuh dapat menimbulkan masalah pada organ tubuh. Bunga kecombrang mengandung senyawa alami yang dapat membersihkan darah. Jadi, darah yang mengalir tidak membawa bakteri atau virus. Darah yang bersih akan memengaruhi kesehatan tubuh.

2. Melancarkan ASI

ASI sangat penting untuk makanan bagi bayi. Lancarnya ASI dapat berpengaruh pada kesehatan bayi. Selain mengonsumsi banyak sayur dan buah, makan bunga kecombrang bisa membantu untuk melancarkan ASI. Bisa dimasak bersama sayur lainnya atau menjadi bumbu masakan.

3. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kecombrang mengandung mineral yang tinggi. Maka dari itu, kecombrang dapat membuat tulang dan gigi Anda menjadi kuat.

Mengonsumsi bunga kecombrang sangat direkomendasikan terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.