6 Makanan Murah yang Baik Buat Kesehatan Kulit

Liputan6.com, Jakarta – Semua orang tentu ingin memiliki tubuh sehat dan terus tampil menawan. Ternasuk mempunyai kulit yang sehat. Ini jadi keinginan hampir semua orang, baik wanita maupun pria.  

Tanpa tubuh yang sehat sulit bagi seseorang untuk menjalani aktivitas sehari-hari, produktivitas akan semakin berkurang. Seiring dengan berkembanganya zaman, seseorang menjadi lupa menjalani pola hidup sehat.

Pola hidup sehat penting dijalankan, tak perlu dengan cara yang mewah dan mahal. Selain berolahraga, perawatan diri, pemilihan makanan juga merupakan kunci menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang sehat mampu memberikan efek positif bagi tubuh.

Tak harus dengan harga mahal, makanan dengan harga murah dan terjangkau juga memberikan dampak yang begitu baik untuk kesehatan, termasuk pada kulit.

Karena di dalam makanan terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit.  Dilansir dari healthline, berikut enam jenis makanan murah meriah yang juga menyehatkan kulit

Tahu

Tahu termasuk makanan yang murah dan sangat mudah ditemui. Kandungan nutrisi yang berasal dari kedelai ternyata sangat baik untuk kesehatan kulit, di mana kulit akan tampak lebih cerah.

Dengan rajin mengonsumsi tahu terutama yang direbus, Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk merawat kulit di klinik kecantikan.

Kangkung

Siapa yang tak mengenal jenis sayuran satu ini? Tak sedikit orang menyukai kangkung, apalagi ketika diolah menjadi masakan seperti tumis kangkung yang menggugah selera.

Namun siapa sangka kalau sayuran dengan harga murah dan mudah ditemui ini dapat memberikan efek yang cukup baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

2 dari 3 halaman

Jagung

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Makanan yang satu ini juga mudah dijumpai dan dibuat dalam beragam bentuk. Bagi penyuka jagung, ini menjadi kabar yang baik. Jagung ternyata merupakan sumber terbaik dari lutein, sejenis zat carotenoid. Seperti lycopene, lutein juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Kunyit

Rasanya sudah tidak asing lagi jika kunyit memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Kunyit yang memiliki sejuta manfaat ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Bisa untuk membantu penyembuhan luka, menghilangkan bekas jerawat serta mencegah penuaan dini.

Melon

Buah melon sangat mudah ditemui dan harganya cukup terjangkau. Siapapun bisa mengonsumsinya. Buah melon kaya akan senyawa karotenoid yang sangat bagus untuk menyehatkan kulit. Melon dapat membantu mengatasi kulit kering dan bekas jerawat.

Bahkan kandungan karotenoid di dalamnya cukup ampuh untuk memperlambat proses penuaan dini pada kulit. Jadi tak heran kalau di berbagai acara buah melon hampir selalu ada tersedia.

Tomat

Tomat menjadi bahan masakan hampir setiap harinya di berbagai jenis makanan. Harganya juga sangat terjangkau. Kandungan likopen, karotenoid pada tomat ternyata dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Dengan mengonsumsi tomat, kulit akan terlihat lebih sehat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: