6 Makanan Khas Indonesia dari Serangga, Berani Santap?

3. Rempeyek Laron

Jika biasanya isian rempeyek berupa kacang tanah atau kacang kedelai, yang satu ini lain. Rempeyek ini berisi laron. Laron yang biasanya muncul saat awal musim hujan ini dimanfaatkan untuk jadi ‘isian’ rempeyek. Laron tinggal dicampur dengan adonan rempeyek dan digoreng tipis-tipis dalam minyak panas.

4. Botok Tawon

Membayangkan rasa botok berupa kelapa parut yang gurih dan pedas memberi efek perut lapar. Namun, botok yang satu ini isiannya ditambah dengan larva tawon atau lebah madu. Botok tawon banyak dijumpai di Banyuwangi, Kediri, dan Blitar, Jawa Timur.

5. Jangkrik Goreng

Suara jangkrik yang khas sering terdengar di sawah maupun kebun. Di balik suaranya yang nyaring, ternyata jangkrik bisa dijadikan makanan. Tak hanya di Indonesia, di Thailand jangkrik pun populer untuk disantap. Cara mengolahnya mirip seperti belalang goreng. Bila berkunjung di Ciamis, cobalah jangkrik goreng balado yang pedas dan gurih.

6. Sayok

Makanan ini terbuat dari larva capung yang ditemukan di danau-danau. Serangga ini biasanya memakan ikan kecil di sekitarnya. Sayok banyak dikonsumsi masyarakat Danau Linow, Tomohon, Sulawesi Utara. Berani coba? (Fairuz Fildzah)