6 Kombinasi Bahan Alami untuk Atasi Rambut Bercabang, dari Pepaya hingga Bawang Putih

Liputan6.com, Jakarta – Keinginan memiliki rambut indah seringkali tak semudah dibayangkan. Rutinitas sehari-hari kerap mendatangkan masalah pada mahkota perempuan ini. Salah satunya adalah rambut bercabang.

Banyak faktor yang menjadi penyebab rambut bercabang, termasuk nutrisi rambut yang tidak terpenuhi. Hal tersebut ternyata bisa ditangani dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran. Kuncinya hanya konsisten dan sabar.

Apa saja bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan mengatasi rambut bercabang? Berikut enam racikan yang bisa diaplikasikan, dikutip dari laman Boldsky, Selasa, 13 Agustus 2019.

1. Pepaya dan Yogurt

Vitamin C dan E yang terkandung di pepaya dapat menutrisi rambut kita. Yogurt yang kaya akan protein juga membantu menguatkan folikel rambut. Campuran kedua bahan ini dapat digunakan sebagai masker rambut sebelum keramas.

2. Telur, Madu dan Minyak Zaitun

Telur mengandung banyak protein sehingga dapat menstimulasi folikel rambut untuk tumbuh. Madu dan minyak zaitun dapat melembabkan rambut sehingga mencegah untuk terjadi kerusakan lanjutan.

Perpaduan dari ketiga bahan tersebut dapat mencegah kerusakan lanjutan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Gunakan campuran ketiga bahan ini dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

2 dari 4 halaman

3. Pisang dan Santan

Ilustrasi rambut (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Selain menjadi bahan makanan, campuran kedua bahan ini juga dapat menutrisi rambut yang rusak. Kandungan dari pisang dapat melembutkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Sementara, santan mengandung nutrisi yang dapat diserap oleh folikel rambut agar dapat tumbuh lebih sehat. Gunakan masker rambut ini dan biarkan hingga satu jam, kemudian bilas.

4. Alpukat dan Minyak Almond

Alpukat merupakan buah yang kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi rambut dari kerusakan. Minyak almond dapat melembutkan kulit kepala sehingga campuran kedua bahan ini dapat mencegah kerusakan lanjutan. Diamkan selama satu jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kemudian bilas.

3 dari 4 halaman

5. Bawang Putih, Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Bawang putih / Sumber: iStockphoto

Bawang putih mengandung sulfur yang dapat mengurangi rambut rontok. Minyak kelapa dapat diserap oleh tangkai rambut sehingga membuat rambut lebih sehat dan kuat.

Perpaduan kedua bahan tersebut akan lebih lengkap dengan minyak zaitun yang melembabkan. Aplikasikan campuran ketiga bahan ini dan biarkan hingga satu jam, kemudian bilas.

6. Lidah Buaya dan Lemon

Lidah buaya memiliki zat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dan membuatnya menjadi lebih sehat. Selain itu, lidah buaya juga menutrisi folikel rambut sehingga mencegah kerusakan.

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C, penggunaan perasan air lemon ini berfungsi untuk mengurangi rambut rontok. Pijat perlahan campuran bahan ini dan diamkan selama 45-60 menit, kemudian bilas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: