6 Hirarki Keinginan Membeli yang Harus Dipahami Sebelum Menyesal Kemudian

Liputan6.com, Jakarta – Pernahkah Anda berpikir matang sebelum membeli barang, termasuk pakaian? Jangan-jangan Anda termasuk yang membeli barang karena impulsif dan akhirnya membuang-buang uang dan menumpuk sampah.

Sebelum menyesal, ayo belajar memahami hirarki keinginan membeli alias buyerarchy of need dari ilustrasi yang dibuat oleh Sarah Lazarovic berikut ini. Ilustrator asal Kanada itu membuat ilustrasi tersebut terinspirasi dari teori hirarki keinginan Maslow.

Dilansir dari laman canr.msu.edu, terdiri enam lapisan hirarki keinginan membeli yang harus disadari sebelum mengeluarkan uang. Tiga lapisan terbawah termasuk tak mengeluarkan uang, sedangkan tiga lapisan teratas membutuhkan duit.

Pada lapisan paling bawah hirarki keinginan membeli adalah menggunakan apa yang dimiliki. Jadi, sebelum membeli, Anda harus mengingat kembali apakah barang dengan fungsi serupa sudah dimiliki sebelumnya. Atau bila terkait pakaian, apakah pakaian yang akan dibeli sebenarnya sudah dipunyai?

Maka itu, penting untuk menyimpan barang-barang yang dimiliki secara terorganisir. Rawat dengan baik agar bisa bertahan lama dan menghemat pengeluaran Anda. Gunakan yang lama sebelum membeli baru.