6 Dampak Mandi Malam Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Mandi di malam hari sudah menjadi kebiasaan bagi Anda yang beraktivitas di luar hingga larut malam. Berkegiatan dari pagi hingga malam, tentu membuat Anda ingin membersikan badan agar dapat tidur nyenyak.

Terkadang orangtua pun seringkali melarang untuk mandi malam karena efeknya yang berbahaya. Mandi malam memang memiliki manfaat baik, tapi akan berubah menjadi bahaya jika kamu mengabaikan beberapa faktor penting. Berikut enam dampak buruknya jika kamu mandi malam melansir dari steemit.com, Selasa, 7 Februari 2019.

Menyebabkan Asam Urat

Mandi malam juga bisa memicu serangan gout. Penyakit ini justru akan terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Dan itu dapat menyebabkan ginjal yang tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

Menyebabkan penuaan dini

Mandi malam juga bisa mempercepat penuaan dini pada kamu. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak akan kuat menerima rangsangan air dingin ketika kita mandi di malam hari, ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

Menyebabkan demam

Mandi malam akan berkenaan dengan pori-pori tubuh dan panas tubuh akan mulai naik di malam hari, Anda harus menghindarinya. Ini karena jika tubuh “panas” kita disiram air dingin di malam hari maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita panas dan dingin seperti demam.

Menyebabkan paru-paru basah

Mandi malam hari juga bisa menyebabkan paru-paru basah, ternyata ini tidak benar. Paru-paru basah-basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari. Pasien biasanya akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernapas, atau sampai tubuh menggigil jika mengalami paru-paru basah.

Menyebabkan rematik

Rematik ini merupakan penyakit autoimun, penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit – sakit pada persendian. Penyebab rematik itu sendiri tidak begitu jelas, tetapi menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

Menyebabkan pilek

Malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, mandi di malam hari juga dapat menyebabkan tubuh kita masuk angin dan terasa panas. Apalagi jika suhu tubuh Anda saat mandi masih tinggi dan terasa panas. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :