6 Bahan Alami yang Bisa Melebatkan Bulu Mata

Liputan6.com, Jakarta – Memiliki bulu mata yang cantik merupakan idaman para wanita. Banyak cara dilakukan untuk memanjangkan bulu mata agar terlihat lentik dan menarik, seperti memasang bulu mata palsu.

Padahal, ada cara alami untuk mewujudkan bulu mata yang indah dan lentik tanpa efek samping. Liputan6.com merangkum enam cara yang bisa memanjangkan bulu mata dengan bahan-bahan natural, dilansir dari berbagai sumber.

1. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung senyawa kimia asam risinoleat yang dapat membantu mengembalikan rambut rontok. Senyawa ini menunjukkan potensi yang baik untuk pertumbuhan rambut pada bulu mata agar terlihat lebih panjang dan lebat.

Caranya dengan celupkan kapas ke dalam satu sendok teh minyak jarak, lalu oleskan di sepanjang bulu mata atas dan bawah. Anda harus berhati-hati dan jangan sampai memasukan minyak ke dalam mata. Setelah itu, diamkan minyak di mata selama semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

2 dari 7 halaman

2. Minyak Kelapa

Ilustrasi/copyright shutterstock

Minyak kelapa telah digunakan selama berabad-abad dalam perawatan rambut karena manfaatnya membantu mencegah hilangnya protein rambut. Minyak kelapa juga dapat merawat bulu mata yang menipis dan rusak, membantu pertumbuhannya kembali.

Caranya, minyak kelapa dioleskan dengan kapas ke setiap helai bulu mata atas dan juga bawah. Lakukan hal ini dengan hati-hati agar tidak terkena mata. Setelah itu, diamkan semalaman lalu bersihkan keesokan harinya. Untuk memperoleh hasil maksimal sebaiknya diaplikasikan sekali dalam sehari.

3 dari 7 halaman

3. Teh Hijau

Apa saja sih manfaatnya untuk menunjang kecantikanmu?

Teh hijau menjadi sumber yang kaya akan polifenol. Zat yang terkandung dalam teh ini mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan polifenol juga berfungsi untuk menguatkan akar rambut pada bulu mata agar tidak mudah rontok.

Caranya, siapkan satu sendok teh hijau dan satu gelas air panas. Tambahkan teh hijau ke dalam secangkir air panas lalu diamkan selama lima sampai sepuluh menit, saring.

Minumlah teh hangat yang telah dibuat. Anda juga bisa mendinginkan teh dan mengoleskan ke garis bulu mata menggunakan kapas. Hal ini dapat dilakukan dua kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4 dari 7 halaman

4. Kupasan Lemon

Tips memeras buah lemon./Copyright shutterstock.com

Kulit lemon ternyata dapat memacu pertumbuhkan rambut karena mengandung vitamin A dan C. Anda bisa mencoba memanjangkan bulu mata dengan kombinasi kulit lemon, minyak zaitun, dan minyak jarak. Minyak zaitun dan minyak jarak berfungsi untuk mendorong pertumbuhan dan menambah ketebalan bulu mata. Sedangkan, kulit lemon yang mengandung vitamin A dan C berfungsi memaksimalkan pertumbuhan rambut.

Caraya, letakkan satu dua kulit lemon di wadah kecil. Setelah itu, tambahkan beberapa sendok makan minyak zaitun atau kelapa, lalu tekan menggunakan sendok agar minyak meresap hingga ke kulit lemon.

Biarkan semalaman dan keesokan harinya oleskan kapas dengan campuran minyak tadi ke setiap helai bulu mata Anda. Biarkan selama beberapa jam lalu bilas dengan air. Untuk hasil maksimal, Anda dapat melakukannya satu sampai dua kali sehari.

5 dari 7 halaman

5. Minyak Kemiri

Ilustrasi minyak kemiri. (Sumber foto: Boldsky.com)

Sudah sejak lama minyak kemiri dipercaya dapat menyuburkan rambut. Minyak kemiri juga berfungsi untuk membuat rambut lebih hitam dan kuat karena kandungan yang ada di dalamnya. Pasalnya, minyak kemiri mengandung asam linolenat (asam lemak omega 3) yang dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda. 

Anda dapat membuat bulu mata lebih lebat dan lentik menggunakan minyak kemiri. Caranya, cukup siapkan minyak kemiri dan kapas, lalu oleskan minyak kemiri pada bulu mata sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, Anda dapat membersihkannya sembari membersihkan muka ketika bangun tidur.

6 dari 7 halaman

6. Lidah Buaya

Cara membersihkan lidah buaya./Copyright shutterstock.com

Lidah buaya terkenal dengan khasiatnya untuk menyuburkan dan membuat rambut lebat. Selain digunakan untuk rambut di atas kepala, lidah buaya dapat digunakan untuk menumbukan bulu mata Anda.

Tanaman hijau berduri ini mengandung karbohidrat, kalori, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, thiamin, kalsium, dan zat besi. Semua kandungan ini akan membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata Anda.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada garis bulu mata atas dan juga bawah. Lalu, diamkan selama satu jam dan bilas dengan menggunakan air dingin sampai gel bersih dan hilang.(Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: