6 Alasan Anda Sebaiknya Tidur di Sisi Sebelah Kiri

Liputan6.com, Jakarta – Tidur yang cukup menjadi kunci utama agar terhindar dari berbagai penyakit. Posisi tidur ternyata berperan penting terhadap kualitas tidur dan juga kesehatan tubuh Anda.

Posisi tidur yang buruk akan berujung pada gangguan kesehatan seperti sakit kepala hinggga nyeri punggung. Tahukah Anda, bahwa posisi tidur di sebelah kiri mampu meningkatkan kesehatan tubuh? Liputan6.com merangkum enam alasan tidur di sebelah kiri lebih baik, dikutip dari laman fithog, Minggu, 21 Juli 2019.

1. Sangat baik untuk Jantung

Salah satu alasan Anda harus tidur di sebelah kiri adalah untuk kesehatan jantung. Menurut American Heart Institute, tidur di sebelah kiri sangat efektif meningkatkan sirkulasi ke jatung. Di sisi lain, jantung menjadi lebih rileks walau hal tersebut masih diperdebatkan.

Hal ini karena posisi tersebut mampu mengambil beberapa tekanan dari jantung selama delapan jam sekaligus.

Ketika Anda berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur di sisi kiri, gravitasi akan memfasilitasi sirkulasi aorta yang membantu jantung untuk memompa darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda karena posisi tidur tersebut.

2 dari 7 halaman

2. Mengurangi Rasa Mulas

Ilustrasi perut mulas. (foto: Shutterstock)

Berbaring di sisi kiri ternyata juga dapat memberikan hal positif terkait refluks asam lambung. Ketika Anda tidur berbaring di sisi kiri, perut akan diposisikan lebih rendah ke kasur sehingga mendukung saluran pencernaan walaupun dalam keadaan tidur.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur setelah makan, berbaringlah ke sisi kiri dan rasa mulas tersebut akan mereda. Bahkan, Anda dapat melakukannya sendirian saat tidak ada yang membantu meredakan rasa mulas ini.

Studi yang dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology mengungkapkan, berbaring di sisi kiri tubuh dapat membantu mengurangi gejala sakit maag. Anda dapat berbaring di sisi kiri tubuh selama 10 menit untuk meredakan sakit. Ini akan sangat membantu bila bila dibarengi dengan pertolongan obat-obatan yang sesuai.

3 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Proses Pencernaan

Tanda Gangguan Pencernaan Bukan Hanya Sakit Perut (Tetiana Iatsenko/Shutterstock)

Saat Anda tidur ternyata proses pencernaan masih berlangsung di dalam tubuh. Ketika berbaring di sisi kiri, makanan lebih mudah bergerak dari usus besar Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk buang air besar lebih mudah saat bangun dari tidur.

Selain itu, Jika Anda tidur berbaring di sisi kiri, akan membuat pankreas dan perut tergantung secara alami. Posisi ini memungkinkan proses pencernaan dan pengembangan enzim pankreas beroperasi tanpa gangguan. Hasilnya, Anda akan lebih nyenyak tidur saat tubuh memecah makanan untuk dieliminasi.

4 dari 7 halaman

4. Membantu Menghilangkan Sakit Punggung

Ilustrasi Sclerosis Ganda | via: theptdoctor.com

Menurut penelitian oleh National Institute of Neurological Disorders, penderita sakit punggung kronis akan nyaman jika posisi tidur di sisi kiri. Saat penderita tidur dengan posisi tengkurap, lebih banyak tekanan menumpuk di punggung sehingga posisi di sisi kiri lebih baik.

Bagi penderita sakit punggung, posisi tidur di sisi kiri dapat mengurangi tekanan sumsum tulang belakang dan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Hasilnya, Anda terbangun dengan perasaan lebih segar tanpa rasa sakit di daerah punggung bawah.

5 dari 7 halaman

5. Bermanfaat untuk Wanita Hamil

Ilustrasi Wanita Hamil (iStockphoto)

Alasan tidur di sisi kiri selanjutnya ternyata baik untuk wanita hamil. Studi yang diungkapkan oleh American Heart Association menunjukkan bahwa banyak manfaat bagi wanita hamil yang tidur di sisi kiri untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Berbaring di sisi kiri dapat meredakan tekanan punggung dibagian bawah dan memungkinkan darah mengalir dengan mudah ke janin. Wanita hamil yang berbaring di sisi kiri juga dapat mengurangi gejala menyakitkan di siang hari dan membantu menjaga kesehatan janin yang optimal.

Ketika wanita hamil merasakan tanda-tanda ini, disarankan untuk berbaring di sisi kiri sesering mungkin. Hal ini dapat mengurangi tekanan dari uterus dan organ hati pada wanita hamil.

6 dari 7 halaman

6. Memperkuat Sistem Limfatik

Ilustrasi kurang tidur | unsplash.com

Memiringkan tubuh ke sisi kiri ternyata dapat membantu kelenjar limfa menyaring cairan dan limbah getah bening secara lebih baik. Posisi tidur di sisi kiri juga lebih efisien meningkatkan sistem limfatik karena bagian kiri tubuh dianggap sebagai sisi limfatik yang dominan.

Tidur dengan cara ini akan membantu seluruh sistem berjalan dengan baik dan membuat Anda merasa lebih segar ketika bangun. Hal ini juga sangat baik dalam membantu otak bekerja dengan baik saat beraktivitas setelah Anda tertidur semalaman.(Devita Nur Azizah)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini: