5 Rahasia Ciptakan Kamar Tidur yang Bikin Betah

Liputan6.com, Jakarta – Selain ruang keluarga, kamar tidur juga menjadi ruang yang paling sering digunakan penghuninya. Karena fungsi utamanya sebagai tempat untuk beristirahat dan mengembalikan energi, kamar tidur haruslah sehat.

Banyak faktor yang bisa membuat kamar tidur lebih nyaman. Apabila sedang kesulitan menciptakan kamar tidur yang bisa mendukung tidur berkualitas, Anda bisa menerapkan lima rahasia berikut ini seperti dirangkum Dekoruma.

Gunakan Lampu Redup

Tidur dengan lampu terang tak disarankan untuk kesehatan. Lampu warna putih yang biasanya dijadikan sebagai lampu utama ruangan ternyata kurang baik apabila dipasang di kamar tidur.

Cahaya biru yang dihasilkan layar komputer, televisi, maupun ponsel selular juga membuat Anda susah untuk tidur karena bisa menghambat produksi hormon melatonin.

Maka itu, penggunaan lampu yang agak redup atau remang-remang bisa membuat Anda lebih mudah mengantuk dan tertidur dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan lampu seperti ini memberikan efek menenangkan.

2 dari 4 halaman

Jangan Taruh Barang Terlalu Banyak

Ilustrasi kamar tidur. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Kamar tidur yang sehat akan berdampak bagi kesehatan mental penghuninya juga. Terlalu banyak menaruh barang yang tidak penting di kamar tidur akan menambah beban pikiran dan memicu peningkatan stres. Tanpa sadar, hal ini mempengaruhi siklus tidur Anda.

Biasakan untuk memilah barang yang penting dan yang tidak secara rutin. Selain membuat kamar tidur terlihat lebih luas, Anda juga bisa mengusir kotoran debu yang bersembunyi di antara barang-barang tersebut.

Letakkan Tanaman Hijau di Ruangan

Tak hanya polusi cahaya, polusi udara juga kerap jadi masalah di kamar tidur. Selain membuka jendela kamar setiap pagi, menghadirkan tanaman hijau dalam ruangan bisa membantu menjernihkan udara kotor.

Beberapa tanaman hijau penjernih udara yang kerap dipakai adalah daun sirih gading dan lidah mertua. Atur penempatannya sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari dan memperhatikan kesehatannya supaya tanaman bisa awet.

3 dari 4 halaman

Ganti Sprei dan Bersihkan Kasur

Ilustrasi kamar tidur. (dok. Dekoruma/Dinny Mutiah)

Kebiasaan tidak mengganti sprei secara rutin akan membuat sprei jadi sarang penyakit. Hal ini dikarenakan keringat yang dihasilkan saat tidur hingga debu-debu baru yang menempel membuat sprei jadi ladang subur bagi bakteri untuk berkembang biak.

Sebelum mengganti sprei, bersihkan kasur dengan menebar bubuk baking soda dan diamkan selama 15 menit. Sedot dengan vacuum cleaner dan pasang sprei baru. Lakukan cara ini seminggu sekali. Dengan begitu, Anda bisa beristirahat bersama pasangan dengan nyaman dan sehat.

Pilih Warna Cat Dinding

Khusus untuk ruang tidur, Anda disarankan untuk memilih dinding berwarna putih, hijau, abu-abu muda, dan biru. Warna-warna ini bisa memberikan efek yang membantu Anda menenangkan hati dan pikiran sehingga tidur pun bisa lebih nyenyak dan berkualitas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: