5 Keuntungan Memelihara Kucing untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Ada kabar baik bagi Anda yang menyukai kucing dan memeliharanya di rumah. Ternyata, terdapat beberapa manfaat baik untuk kesehatan mental ketika Anda memelihara kucing.

Kucing juga dapat menjadi sahabat dan bisa meningkatkan kualitas hidup Anda. Penasaran apa saja manfaat memelihara kucing? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Membantu Melepas Oksitosin dalam Tubuh

Dilansir dari easyologypets.com, saat Anda menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan, otak bakal melepas hormon oksitosin. Hormon ini dipercaya berfungsi menciptakan perasaan tenang dan rileks.

Selain itu, memelihara kucing juga dapat pula membantu Anda menstabilkan kondisi kesehatan mental Anda. Stres dan rasa gelisah pun berkurang.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Ilustrasi kucing (dok. Pixabay.com/Quangpraha/Putu Elmira)

Kucing termasuk hewan yang sangat peka. Memperhatikan cara mereka merespons sikap Anda pada mereka dapat membantu mengendalikan respons emosi Anda sendiri. Kemampuan dalam berkomunikasi dan kepekaan kita memberi respons juga akan meningkat.

3. Membantu Mengendalikan Amarah

Saat bermain dengan kucing, Anda secara tidak langsung tengah melatih diri untuk dapat mengendalikan amarah. Saat menenangkan kucing kesayangan, Anda juga sedang menenangkan diri sendiri.

3 dari 4 halaman

4. Redakan Gelisah

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Tahukah Anda, ternyata suara kucing mendengkur dapat memberi efek positif pada Anda. Membuat Anda lebih rileks dan membantu meredakan kegelisahan dan stres yang dirasakan.

Hal Ini karena suara dengkuran kucing berada pada frekuensi 25-50 hertz. Pada beberapa penelitian klinis ditemukan orang yang terpapar frekuensi suara pada rentang tersebut mendapt banyak manfaat kesehatan seperti meningkatnya kepadatan tulang, meredakan rasa sakit, dan mempercepat proses pemulihan otot serta tendon.

5. Mengatasi Rasa Kesepian

Manusia mempunyai kebutuhan akan sentuhan. Memelihara dan bermain dengan kucing dapat membantu memenuhi kebutuhan akan sentuhan itu.

Bagi yang memiliki masalah mental atau emosional takut dengan sentuhan, memelihara kucing dapat memberi efek menenangkan. Bermain dengan kucing juga dapat membantu Anda merasakan memberi dan menerima cinta. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: