5 Alquran Unik di Indonesia, Terbuat dari Marmer hingga Bertinta Emas

Masuk ke Masjid Al Muhtarim, Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, siap-siap terkesima dengan Alquran di sana. Batu marmer behias ayat-ayat Alquran tersebut berukuran 60×90 cm dan tebal rata-rata 2 cm.

Ayat Alquran yang tertulis diukir dengan sangat halus. Marmer berhiaskan ayat-ayat suci ini berwarna kekuningan dengan ukiran berwarna cokelat.

4. Alquran Tertua di Alor

Konon katanya, Alquran ini merupakan yang tertua di Asia. Alquran ini terbuat dari kulit kayu dengan tinta berwarna hitam dan merah. Saat ini, Alquran tertua yang ada di Alor disimpan di rumah keturuhan ke-14 bernama Nurdin Gogo. Lembaran kulit kayu itu terlihat sangat tua dengan banyak bolongan dan bercak warna gelap.

5. Alquran Tinta Emas di Polewali Mandar

Alquran ini merupakan warisan dari penyebar agama Islam, yaitu Tuang Langarang. Konon kitab suci ini sudah ada sejak abad ke-18 dan kini diwariskan pada keturunannya. Disimpan di rumah keturunannya, Asrul, di Kelurahan Amassangan, Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Uniknya, Alquran ini hanya berukuran 3×2 cm dan ditulis tangan dengan tinta emas. Walaupun sangat kecil, Alquran ini tetap bisa dibaca. Sampai saat ini, Alquran tinta emas hanya dikeluarkan di waktu tertentu seperti saat bulan Ramadan. (Fairuz Fildzah)