Pengadilan dan KPK Izinkan Zumi Zola Hadiri Pemakaman Ayahnya

JawaPos.com – Mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (28/11) malam di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Adanya kabar itu dibenarkan oleh Kuasa Hukum Zumi Zola, Farizi. Dia mengatakan, Zulkifli meninggal karena mengalami penyakit diabetes yang sudah lama dideritanya.

“Iya benar meninggal sekitar pukul 20.00 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah. Beliau (ayah Zumi Zola) sudah hampir setahun sakit diabetes yang sudah komplikasi,” katanya saat dikonfirmasi (28/11).

Terkait adanya hal itu, Zumi Zola yang terjerat kasus korupsi RAPBD Jambi diakui Farizi sudah mendapatkan izin keluar dari tahanan KPK.

“Pengadilan memberi izin Pak Zumi keluar tahanan karena ayahanda meninggal jam 8 malam. Atas izin pengadilan, KPK sudah memberikan pengawalan ke RS Pondok Indah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Farizi menyebut izin itu juga sudah sesuai dengan prosedur hukum. Karena, pada sore tadi pihaknya terlebih dahulu mengajukan ke majelis hakim yang menyidangkan perkara Zumi perihal izin keluar tahanan ini.

Maka pada saat itu pula, pengacara Zumi juga meminta izin agar Zumi bisa mendampingi ayahnya yang dalam kondisi kritis di RS hingga akhirnya kabar duka ini datang.

Terpisah, terkait adanya kabar duka ini, Komisi Pemberantasan Korupsi mengizinkan Zumi Zola untuk melayat ayahnya. “Karena pertimbangan kemanusiaan, JPU tadi sudah ijin untuk mengantar ZZ ke rumah duka sembari menunggu penetapan hakim terbit,” ucap juru bicara KPK Febri Diansyah pada awak media, Rabu malam (28/11).

Kendati demikian, karena status penahanan Zumi dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor maka perlu ada ketetapan hakim yang memperbolehkan Zumi menghadiri pemakaman Ayahnya di Jambi, esok hari.

“Besok jika penetapan hakim telah keluar akan dizinkan untuk menghadiri pemakaman,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabar duka menyelimuti keluarga Zumi Zola. Ayahanda Zumi Zola, yakni Zulkifli Nurdin dikabarkan meninggal dunia.

Kabar yang diterima JawaPos.com Zulkifli meninggal pada Rabu malam (28/11) di Rumah Sakit Pondok Indah sekitar pukul 20.00 WIB. Informasi tersebut disampaikan oleh kuasa hukum Zumi Zola, Farizi.

Dia menambahkan, saat ini jenazah sudah dibawa ke rumah duka yang berlokasi di Pondok Indah. Jenazah rencananya akan dimakamkan di Jambi.

(ipp/JPC)