5 Penyakit Ini Bikin BPJS Nunggak Triliunan, Ini Kata Nurmansyah

JawaPos.com – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diyakini memiliki instrumen penting, dalam mencegah penyakit. Mayoritas penderita penyakit berat, disebabkan lantaran buruknya kesadaran PHBS.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi IX DPR, Nurmansyah Tanjung ketika menyoroti ihwal defisit BPJS yang mencapai Rp 16,5 triliun.

“Artinya masyarakat harus semakin aware terhadap PHBS. Dibudidayakan, dibiasakan sejak dini,” ujar dia kepada JawaPos.com, kemarin.

Menurut Nurmansyah, dari total defisit tersebut, 5 di antaranya ‘disumbang’ penyakit berat. Jantung menempati posisi teratas dengan Rp 6,67 triliun, kemudian Kanker Rp 2,11 triliun, stroke Rp 1,62 triliun, gagal ginjal Rp 1,5 triliun dan Thalassamia Rp 298 miliar.

“Penderita penyakit kronis di kita masih sangat tinggi. Untuk biaya (pasien) jantung yang di-cover BPJS saja lebih dari Rp 6 triliun,” jelas Politikus PDI Perjuangan itu.

Nurmansyah minta masyarakat untuk terus membudayakan PHBS. Terlebih di era sekarang, di mana permasalahan kesehatan kian kompleks.

“Sehat di mulai dari diri sendiri. Jangan sampai pola dan gaya hidup kita berujung pada penyakit,” pungkasnya.

(yes/JPC)