Bangun 50 Desa di 50 Kabupaten dan Kota, KSAD Tutup TMMD ke-103

JawaPos.com Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-103 resmi ditutup hari ini (13/10). Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menutup langsung program tersebut di Lapangan Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Selama satu bulan berlangsung, tidak kurang 50 desa di 50 kabupaten dan kota dibangun oleh matra darat.

Menurut Mulyono TMMD ke-103 berlangsung dengan baik, lancar, dan tepat sasaran. “Selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras,” terang dia. Semua dilakukan agar program itu sukses. Baik yang bersifat fisik maupun non fisik.

Sepanjang pelaksanaan TMMD ke-103, berlangsung pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembukaan lebih dari 52 kilometer jalan baru. Kemudian peningkatan kualitas badan jalan dengan panjang total mencapai 326 kilometer. “Selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat,” jelas KSAD.

Semua itu termasuk pembangunan fisik. Khusus pembangunan non fisik, TMMD ke-130 TNI AD bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan pembangunan berkelanjutan. “Memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada aparat-aparat desa,” ungkap Mulyono. Melalui hal itu, dia berharap besar pengetahuan dan kemampuan pengelolaan dana desa kian meningkat.

Lebih lanjut, jenderal bintang empat itu menyebut, pembangunan non fisik dalam TMMD ke-103 juga dilaksanakan melalui penyuluhan kesehatan, penyuluhan metode bertani, serta penyuluhan beternak modern. Seluruhnya bersentuhan langsung dengan masyarakat. Juga mengedepankan prinsip gotong royong. Dengan begitu manfaatnya terasa langsung. Karena itu pula, program tersebut tidak akan berhenti. “Terus berlanjut,” imbuhnya.

Khusus di Kutai Kartanegara, TMMD ke-103 dilaksanakan di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis. Di sana, Satgas TMMD membangun jembatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “Sepanjang lebih dari satu kilometer,” ungkap Mulyono. Itu merupakan jembatan terpanjang yang pernah dibangun lewat program TMMD. Adalah Kodim 0906/Tenggarong yang membawahi langsung pembangunan jembatan tersebut. 

SYN/JPK